Alpen Steel | Renewable Energy

~ Antisipasi, Cara Aman Menyalakan Listrik Pasca Banjir

Tips Menyalakan Listrik Dengan Aman Setelah Banjir

Salah satu kekhawatiran terbesar saat banjir adalah soal listrik. Sering terjadi, saat banjir datang, orang panik dan lupa memutus aliran listrik yang masih tersambung. Padahal, air yang menggenangi area tersebut akan menjadi konduktor alias penghantar aliran listrik. Akibatnya sangat berbahaya, listrik bisa menyengat!

 

Setelah air surut pun, orang masih harus super hati-hati memperlakukan listrik. Aliran listrik yang diputus ketika banjir, tidak boleh langsung dinyalakan. Pudji Nugroho, Sekretarias Umum Asosiasi Kontraktor Listrik clan Mekanikal Indonesia atau AKLI, membagikan beberapa tip aman menyalakan listrik pasca banjir.

1. Lepaskan semua peralatan listrik dari stop kontak untuk menjaga alat dari kerusakan.

2. Pastikan semua MCB (sikring), balk yang dari PLN maupun yang mengatur listrik ke dalam rumah, dalam keadaan turun (posisi OFF).

3. Bersihkan dan keringkan semua alat listrik seperti stop kontak dan saklar yang sempat terendam banjir. Caranya, lepaskan alat tersebut dari dinding, lap sampai semua komponennya kering. Balik-balikkan alat untuk melihat apakah masih ada air yang tersimpan di bagian dalamnya. Lepaskan juga fitting lampu, keringkan bagian dalamnya, baru kemudian lampu bisa dipasang kembali. Sebaiknya, segera lakukan pemeriksaan instalasi oleh ahli yang memiliki sertifikat. Langkah ini diperlukan untuk melihat kerusakan yang mungkin terjadi pada sistem kelistrikan rumah.

4. Setelah semua dianggap aman, naikkan MCB dari PLN (posisi ON). Kemudian naikkan MCB lainnya satu per satu. Nyalakan juga lampu satu per satu. Pengecekan ini harus dilakukan satu per satu agar bila ada yang masih tidak menyala, dapat dideteksi dengan tepat di mana kerusakan itu terjadi.

5. Apabila MCB masih tidak bisa dinaikkan, hubungi ahli instalasi listrik. Kemungkinan itu karena masih ada kerusakan. KWh meter yang kemasukan air juga dapat menjadi sumber kegagalan ini.

Berkaitan dengan banjir tahun ini, AKLI bekerjasama dengan PLN, Kadin, dan APKABEL (Asosiasi Pabrik Kabel Listrik Indonesia) mengadakan program pemeriksaan instalasi listrik gratis untuk rumah korban banjir. AKLI juga menyediakan nomor bantuan untuk memandu konsumen menyalakan listrik sendiri selepas banjir. (sca)

 

 

Sumber : Klipingku 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook