Alpen Steel | Renewable Energy

~ Listrik Jangan Mati Ya, Produksi Bisa Hancur

TARIF LISTRIK
Apa Gunanya TDL Naik kalau Sering Mati

KOMPAS/LASTI KURNIA
Pengawas proyek mengawasi pembangunan salah satu unit PLTGU Muara Karang Jakarta, Rabu (17/2), yang dalam tahap penambahan unit pembangkit dari 1.200 MW menjadi 1.700 MW. PLN akan menerapkan mekanisme tarif multiguna bagi pelanggan dengan daya 6.600 VA.

MAKASSAR, KOMPAS.com — Direktur Kawasan Industri Makassar (Kima) Bachder Johan meminta rencana kenaikan tarif dasar listrik (TDL) pada 1 Juli 2010 dibarengi dengan kepastian pasokan listrik. ”Bukan masalah kenaikan tapi kepastian penggunaan listrik harus jelas, jangan mati. Kemudian investor diberikan kemudahan memperoleh jaringan atau penambahan itu. Apa gunanya naik kalau (listrik) mati," katanya di Makassar, Rabu (30/6/2010).

Pihaknya sangat memahami keputusan kenaikan TDL adalah untuk mengurangi subsidi. Namun, kepastian produksi, katanya, sangat berkaitan dengan keberhasilan usaha.

Johan mengakui kenaikan TDL akan berpengaruh pada peningkatan biaya operasional dan material. Meski demikian, pengaruh-pengaruh tersebut masih dapat dihitung dan disesuaikan. "Kalau listrik mati setiap saat, produksi bisa hancur," ujarnya.

Ia mengatakan, pasokan listrik ke kawasan industri dari PLN sebesar sembilan megawatt dan sementara kebutuhan 12 megawatt. ”Genset juga tidak dapat menyelesaikan masalah karena durasi daya yang dihasilkan genset sangat rendah,” katanya.

Ia mengusulkan agar PLN memilah-milah pasokan kebutuhan listrik wilayah strategis sesuai dengan bentuk industri menggunakan sistem pembagian waktu sesuai dengan kebutuhan sehingga dan tidak memukul rata pasokan.

Menanggapi hal ini, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo menyatakan agar kalangan industri bersurat langsung kepada dirinya jika mengalami masalah dengan kebutuhan pasokan listrik. "Kalau ada industri yang bersoal, silakan surati saya langsung," ujarnya.


Bukan masalah kenaikan tapi kepastian penggunaan listrik harus jelas, jangan mati.
-- Bachder Johan.
 
 
Sumber : Kompas.com

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook