Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sampai Kapan Masyarakat Tanah Karang Menunggu Datangnya Aliran Listrik?

Masyarakat Dusun Tanah Karang, Gowa Belum Menikmati Aliran Listrik

Illustrasi

Illustrasi

Akhir pekan kemarin (11/7), berkunjung keluar kota. Tepatnya di seputar wilayah Kecamatan Pattallassang, Kabupaten Gowa mengitari desa-desanya. Mulai dari desa Panaikang yang asri, Desa Pallantikang yang dipenuhi tumbuhan padi menguning, hingga desa Borongloe tempat padang gold Paddivalley yang sementara dibangun.

Ada satu dusun di desa Panaikang yang menarik perhatian saya. Dusun itu adalah dusun Tanah Karang. Letaknya bersebelahan dengan  Dusun Saile. Jaraknya dari pusat Kota Makassar mungkin hanya sekitar 10-15 km namun masyarakat dusun ini belum menikmati haknya sebagai warga negara yakni hak menikmati aliran listrik.

Bila media ramai membicarakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL), masyarakat dusun Tanah Karang hanya mengharapkan aliran listrik segera masuk ke wilayahnya. Perdebatan tentang TDL hanya sanggup didengar melalui radio. Gelombang FM siaran radio-radio dari Makassar bisa dipantau  dari angkasa Tanah Karang melalui handphone.

Dusun Tanah Karang  dipimpin oleh Kepala Dusun, Hasan  Daeng Sikki. Dusun yang subur ini dihuni oleh 48 Kepala Keluarga (KK). Untuk bisa sampai ke tempat ini bisa ditempuh melalui jalan Hertasning baru kemudian menyeberang ke jalan poros Samata. Pada ujung perempatan jalan poros Samata, belok kiri ke jalan poros dusun burung-burung, lalu belok kanan pada ujung pertigaan. Namun, jangan mengharap jalanan mulus ke dalam dusun Tanah Karang, karena hanya jalan tanah yang terhampar. Jalan tanah itu pada sisi kiri-kanan bertumbuhan pohon-pohon coklat, mangga, kopi dan nangka.

Kepada para pemegang otoritas di Kabupaten Gowa, sampai kapan masyarakat Tanah Karang menunggu datangnya aliran listrik?

 

Sumber : Kompasiana

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook