Alpen Steel | Renewable Energy

~ Sumatera Selatan Tambah Pembangkit Listrik

PLN Tambah Pembangkit Listrik di Sumsel

 

Kapanlagi.com - PT PLN akan menambah pembangkit listrik di Sumatera Selatan untuk mengatasi pemadaman yang terjadi saat ini.

Dirut PT PLN Dahlan Iskan kepada wartawan usai pertemuan humas BUMN di Palembang, Jumat malam, mengatakan, pihaknya akan menambah pembangkit listrik tenaga uap sebanyak lima unit dengan kapasitas seluruhnya sekitar 2.000 MW.

Kehadiran Dirut PT PLN ke Palembang itu untuk bersilaturagmi dengan humas dan sekteraris BUMN di provinsi itu.

Pihaknya sudah membuka tender untuk pembangunan pembangkit listrik itu yang diharapkan pada 2012 hingga 2013 pembangunan pembangkit listrik itu selesai dan mulai beroperasi, kata dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, untuk membangun pembangkit baru membutuhkan dana sebesar Rp20 triliun yang semuanya dikerjakan pihak ketiga bekerja sama dengan perusahaan pertambangan.

Dengan berdirinya PLTU Mulut Tambang diharapkan biaya pembangkitan akan lebih efisien karena tidak terkena biaya transportasi mengingat lokasi pembangkit dekat dengan tambang, ujar dia.

PLTU Mulut Tambang merupakan program yang menjadi skala prioritas PLN karena biayanya murah dan bahannya cukup banyak terutama di Sumsel, kata dia.

Dia mengatakan, Sumsel kaya akan tambang batu bara dan itu perlu dimanfaatkan secara maksimal sehingga daya listrik semakin besar.

Sebenarnya sekarang daya listrik Sumsel sudah mencukupi untuk kebutuhan masyarakat, tetapi karena sistem koneksi maka daya listrik berkurang akibat dikirim ke provinsi lain, ujar dia.

Menurut dia, Sumsel mengirimkan daya listrik ke Riau dan Jambi sebanyak 70 MW sehingga kondisi listrik di provinsi penghasil batu bara itu sering kurang.

Dengan selesainya PLTU Mulut Tambang pihaknya akan meminimalkan pemakaian listrik tenaga air.

Dalam kesempatan itu dia mengatakan, pihaknya mendukung program pembangunan listrik di Sumselkarena provinsi tersebut terkenal dengan "lumbung energi". (ant/rit)

 

Sumber : Kapanlagi.com

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook