Alpen Steel | Renewable Energy

~ Tersendatnya Pasokan Daya 125-130 MW Dari PT Energy Equity Epic Sengkang

LISTRIK SULAWESI
Tiga Provinsi Gilir Pemadaman Lagi

 

Makassar, Kompas - Provinsi Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara dipastikan kembali dilanda krisis listrik menyusul tersendatnya pasokan daya 125-130 megawatt dari PT Energy Equity Epic Sengkang sejak Sabtu (1/5). Dengan demikian, pulihnya kondisi kelistrikan di ketiga provinsi tersebut hanya bertahan sekitar tiga bulan pertama tahun 2010.

Asisten Manajer Hukum dan Komunikasi PT PLN Wilayah Sulawesi Selatan, Barat, dan Tenggara (Sultan Batara) M Yamin Loleh, Minggu, menyatakan, pihaknya masih menunggu penjelasan resmi dari PT Energy Equity Epic Sengkang seputar tersendatnya pasokan listrik dari perusahaan itu. PT Energy Equity Epic Sengkang yang berlokasi di Gilireng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan (sekitar 200 kilometer utara Makassar), merupakan bagian dari sistem jaringan kelistrikan untuk empat provinsi di Sulawesi.

”Saat ini, defisit daya PT PLN Sultan Batara mencapai 130 MW. Mohon maaf atas situasi yang mengharuskan terjadinya kembali pemadaman bergilir seperti akhir tahun 2009 ketika Pembangkit Listrik Tenaga Air Bakaru dan pembangkit listrik tenaga gas di Sengkang mengalami perbaikan,” ujar Yamin.

Guna menekan terjadinya pemadaman bergilir, PLN akan memutus suplai listrik kepada 56 industri yang selama ini menjadi pelanggan besar PLN. Industri- industri yang mencakup hotel, pabrik, gudang, dan perkantoran tersebut terletak di Makassar, Maros, dan sekitarnya. Pemutusan aliran listrik kepada 56 industri itu baru mampu menalangi 63 MW dari kekurangan daya 130 MW.

Secara terpisah, Kepala Bagian Hubungan Masyarakat Pemerintah Kabupaten Wajo M Asri optimistis masalah kebutuhan pasokan listrik bisa diatasi dengan mengedepankan dialog dan negosiasi.

Sejak Sabtu lalu, ratusan warga yang tiga hari sebelumnya menduduki PT Energy Equity Epic Sengkang sudah pulang ke rumah masing-masing atas imbauan Bupati Wajo Andi Burhanuddin Unru. (NAR)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook