Alpen Steel | Renewable Energy

~ Belum Bayar Tiga Bulan, Listrik Taman Dan Fasilitas Air Mancur Mati

Belum Bayar Listrik, Taman Gelap

 

BANDUNG, KOMPAS - Seluruh penerangan taman di Kota Bandung sejak Januari 2010 padam. Penyebabnya, Pemerintah Kota Bandung belum membayar tagihan listrik kepada Perusahaan Listrik Negara selama tiga bulan.

Sekretaris Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung Arief Prasetya mengatakan, tunggakan itu berkaitan dengan transisi wewenang antardinas. Sebelumnya, urusan lampu taman ditangani Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung. Namun, belakangan tugas tersebut dilimpahkan kepada Dinas Pertamanan dan Pemakaman Kota Bandung.

"Karena ada transisi itulah, kami belum sanggup bayar kepada PLN. Tapi, saya akan bernegosiasi dengan PLN untuk melunasi pembayaran listrik lampu taman dan fasilitas air mancur," ujarnya.

Menurut Arief, dinasnya berutang Rp 300 juta. Untuk melunasinya, pihaknya akan membayar tunggakan kepada PLN karena taman kota butuh penerang agar tidak mati suri dan rawan kejahatan.

Berdasarkan data Dinas Pertamanan Dan Pemakaman Kota Bandung, hingga saat ini ada 604 taman. Sebanyak 240 taman di antaranya dikelola Pemerintah Kota Bandung dan sisanya swasta. Arief mengatakan, seandainya ada rata-rata lima lampu dalam satu taman, setidaknya dibutuhkan 1.200 bola lampu.

Merawat 240 taman bukan hal sederhana. "Kami masih saja kekurangan tenaga. Ditambah dengan keterbatasan dana, kami hanya mampu merawat 200 taman, 40 lainnya kurang diperhatikan," ujarnya. Ia menyebutkan, dinasnya mendapatkan Rp 4 miliar sebagai anggaran perawatan dan revitalisasi ruang terbuka hijau.

Kewajiban dinas

Wali Kota Bandung Dada Rosada mengatakan, tagihan listrik itu menjadi kewajiban Dinas Pertamanan dan Pemakaman serta Dinas Bina Marga dan Pengairan. "Uangnya sudah ada di dinas masing-masing dengan uang dari APBD," ujar Dada.

Ia menambahkan, tagihan lampu taman dan penerangan jalan umum terpisah. Lampu taman menjadi tanggung jawab Dinas Pertamanan dan Pemakaman, sedangkan penerangan jalan menjadi kepentingan Dinas Bina Marga dan Pengairan.

Selasa esok Dinas Pertamanan dan Pemakaman kan berkoordinasi dengan Dinas Bina Marga dan Pengairan, Bagian Umum dan Perlengkapan, serta Dinas Pendapatan Daerah Kota Bandung untuk mengetahui tagihan disimpan siapa. "Setelah diketahui, kami akan ke PLN untuk menyelesaikan tunggakan itu," ujarnya. (HEI)

 

Sumber : Kompas

 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook