Alpen Steel | Renewable Energy

~ Ribuan PJU Di Bandung Rusak

Fasilitas Umum
8.000 Penerangan Jalan Umum Rusak

 

BANDUNG, KOMPAS - Kepala Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung Iming Ahmad mengungkapkan, sekitar 8.000 dari 20.000 penerangan jalan umum (PJU) di Bandung rusak. Untuk memperbaikinya, diperlukan anggaran sekitar Rp 9 miliar.

"Jumlah kerusakan tahun ini hampir sama dengan jumlah tahun lalu, yaitu sekitar 8.000 PJU. Kami hanya bisa memperbaiki sekitar 6.000 unit karena anggaran yang didapat tidak berbeda jauh dari tahun lalu," kata Iming, Minggu (21/3).

Perbaikan itu akan dikerjakan oleh pihak ketiga dan bakal dimulai Mei 2010. Ia menjelaskan, kerusakan yang umum terjadi terletak pada bohlam, pemantik, dan pengatur waktu. Agar masalah itu tak terulang, pemerintah berencana memasang JPU bertenaga surya. Pada 2010 mereka bakal memasangnya di 62 lokasi, misalnya di kawasan Gedebage.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bandung Ayi Vivananda mencanangkan slogan "Bandung Cerang Baranang" (Bandung terang benderang) terkait dengan hari ulang tahun ke-200 Kota Bandung. Melalui program ini, ia berharap tidak ada lagi jalan kota yang gelap gulita. Dampaknya, keamanan semakin terjaga.

"Untuk mendukung program itu, kami akan meminta tambahan daya ke Perusahaan Listrik Negara. Namun, jumlah tambahan daya yang dibutuhkan sedang dihitung. Selain itu, kami berupaya pula menggandeng pihak swasta yang akan memasok lampu penerang," kata Ayi.

Selain mengupayakan penambahan daya dan melobi pihak swasta, Ayi juga meminta partisipasi masyarakat dalam membuat penerangan jalan di lingkungan tempat tinggal sendiri.

Rawan kecelakaan

Gelapnya beberapa ruas jalan di Kota Bandung sudah lama menjadi keluhan warga. Selain rawan gangguan keamanan, seperti perampokan di jalan, kecelakaan lalu lintas juga kerap terjadi pada malam hari, terutama di jalan yang rusak.

Suparjo (46), warga Dago, menuturkan, ia pernah terjatuh dari sepeda motor akibat terperosok lubang di Jalan Ganesha. Karena terburu-buru, Suparjo tidak dapat melihat dengan jelas lubang yang cukup besar dan dalam di depannya. (HEI)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook