Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pertemuan Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dan Masyarakat

Listrik dan Air Masih Banyak Dikeluhkan

 

Yogyakarta, Kompas - Buruknya layanan publik listrik dan air masih banyak dikeluhkan warga Yogyakarta. Di Lembaga Konsumen Yogyakarta, jumlah keluhan mengenai listrik dan air menempati posisi tertinggi.

"Setahun terakhir ini keluhan soal listrik yang byarpet dan soal tarif pembayaran online mencapai 100 keluhan. Untuk air, ada sekitar 50-60 keluhan masuk dalam setahun ini," kata Koordinator Advokasi Lembaga Konsumen Yogyakarta (LKY) Dwi Priyono di sela-sela acara ulang tahun ke-32 LKY di Balai Cokrodiningratan, Yogyakarta, Selasa (13/4).

Menurut Dwi, keluhan lebih banyak berasal dari masyarakat, bukan institusi maupun badan usaha. Konsentrasi keluhan mengenai listrik berasal dari kawasan Kotabaru. Adapun keluhan soal air paling banyak berasal dari Kelurahan Cokrodiningratan.

Keluhan-keluhan air antara lain mengenai kualitas air yang keruh sehingga tidak layak minum. "Kami sudah membuktikan sendiri, air tampak kecoklatan. Warga jadi kesulitan menggunakan air untuk minum," katanya.

Selain kualitas, warga juga mengeluhkan kuantitas air yang kurang. Banyak aliran air dari PDAM hanya mengalir selama sekitar delapan jam atau kurang.

Padahal, kata Dwi, air merupakan kebutuhan selama 24 jam. Masyarakat berlangganan untuk aliran air 24 jam sehingga seharusnya PDAM memenuhinya. Selain listrik dan air, keluhan mengenai telepon menduduki tempat ke empat. "Umumnya mereka mengeluh soal gangguan saluran, tetapi tak terlalu banyak," katanya.

Dwi mengatakan, LKY selalu berupaya memfasilitasi pertemuan masyarakat dengan pihak terkait saat ada keluhan besar atau mencakup kebutuhan banyak orang. Pertemuan Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan masyarakat, misalnya, sudah diselenggarakan berkali-kali.

Dalam berbagai pertemuan, PLN selalu menanggapi keluhan masyarakat dengan baik dan terbuka. Namun, sejauh ini belum ada perbaikan pelayanan.

Berbeda dengan itu, Dwi masih menyayangkan sikap PDAM yang dinilai masih tertutup terhadap keluhan masyarakat. "Sampai saat ini kami sulit sekali mengundang pihak PDAM," ujarnya.

Direktur Utama PDAM Tirta Mirta Kota Yogyakarta Imam Priyono mengatakan, saluran keluhan untuk masyarakat selalu terbuka 24 jam. "Masyarakat bisa mengeluh langsung kepada kami selama 24 jam," tuturnya. (IRE)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook