Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemda Jangan Hanya Mengandalkan APBN/APBD Untuk Membangun

Pemda Harus Cari Investor
Jaringan Listrik Ditingkatkan

 

Palembang, Kompas - Pemerintah daerah harus berupaya mencari investor swasta untuk membiayai proyek infrastruktur di daerah. Pemerintah daerah jangan hanya mengandalkan dana dari APBN/APBD karena jumlahnya sangat terbatas dan pencairannya pun memerlukan waktu lama.

Hal tersebut dikatakan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Armida S Alisjahbana, Selasa (6/4), dalam acara Sosialisasi Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional 2010-2014.

Armida mengutarakan, bentuk kerja sama dengan investor swasta disebut Kerja Sama Pemerintah dan Swasta (KPS). Pemda jangan hanya mengandalkan APBN/APBD untuk membangun infrastruktur yang diperlukan masyarakat setempat.

”Kalau semua proyek dibiayai APBN/APBD, tidak bisa. Dananya tidak ada, dan harus menunggu lama. Jadi, pemda silakan bekerja sama dengan swasta,” kata Armida.

Menurut Armida, proyek infrastruktur yang bisa dilakukan dengan kerja sama investor swasta misalnya adalah pelabuhan, bandara, atau infrastruktur transportasi lainnya. Jenis infrastruktur tersebut bisa mendatangkan pemasukan bagi pemda.

Khusus di Sumatera, jenis infrastruktur transportasi yang sesuai adalah kereta api untuk mengangkut hasil tambang dan hasil perkebunan.

”Ke depan, proyek infrastruktur transportasi di daerah tidak hanya transportasi darat, tetapi transportasi multimoda, yaitu transportasi air dan transportasi udara,” ujarnya.

Armida menambahkan, proyek infrastruktur yang besar di Sumatera dalam waktu 10 tahun mendatang adalah pembangunan Jembatan Selat Sunda. Apabila jembatan tersebut selesai, arus barang di Sumatera akan meningkat.

Jaringan listrik

Secara terpisah, General Manager PT PLN (Persero) Wilayah Sumsel, Jambi, Bengkulu (WS2JB) Nandi Ranadireksa mengatakan, PT PLN (Persero) WS2JB tahun 2010 akan mendapat dana Rp 600 miliar dari APBN Perubahan.

Dana digunakan untuk membangun tiang listrik, gardu, dan penyambungan baru. Jumlah sambungan baru di Sumsel, Jambi, dan Bengkulu sekitar 130.000 sambungan.

Nandi mengungkapkan, untuk mendukung program peningkatan jaringan listrik tersebut akan dibangun pembangkit listrik tenaga panas bumi di Sumsel dan Bengkulu. Pembangkit itu diperkirakan beroperasi tahun 2014.

Dua pembangkit dengan energi panas bumi itu memiliki kapasitas masing-masing 2 x 55 megawatt (MW). Sekarang sedang dilakukan studi kelayakan untuk proyek tersebut.

Nandi mengatakan, PT PLN (Persero) WS2JB akan menguji coba sistem berlangganan listrik prabayar. Sistem ini mirip dengan sistem pulsa telepon genggam prabayar sehingga memudahkan pelanggan. (WAD)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook