Alpen Steel | Renewable Energy

~ Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin Meminta Jaminan Kepada PT PLN

PLN agar Beri Jaminan
PLTA Asahan III Diharapkan untuk Masyarakat Sumut

 

Medan, Kompas - Gubernur Sumatera Utara Syamsul Arifin meminta jaminan Perusahaan Listrik Negara agar Pembangkit Listrik Tenaga Air Asahan III digunakan hanya untuk kepentingan memenuhi kebutuhan listrik masyarakat Provinsi Sumatera Utara.

Syamsul meminta PLN agar tidak menyalurkan listrik PLTA Asahan III untuk perusahaan yang membutuhkan daya listrik besar dalam operasionalnya seperti PT Indonesia Asahan Alumunium.

Jaminan ini diminta Syamsul jika PLN ingin mendapatkan tanda tangannya dalam izin lokasi proyek PLTA Asahan III. ”Saya kapan pun mau teken (izin lokasi). Minggu ini saya akan bertemu lagi dengan Direktur Utama PLN Dahlan Iskan. Saya minta jaminan PLN dan Jepang yang akan membangun PLTA Asahan III agar listriknya untuk kepentingan masyarakat Sumut. Saya minta jaminan itu secara tertulis,” ujar Syamsul di Medan, Kamis (22/4).

Jaminan tersebut diminta Syamsul mengingat dia mendapatkan bocoran informasi bahwa listrik PLTA Asahan III setelah masuk sistem listrik PLN malah akan disalurkan ke PT Indonesia Asahan Alumunium (Inalum). ”Listrik PLTA Asahan III bukan untuk Inalum, tapi untuk rakyat Sumut. Saya dapat bocoran listriknya akan disalurkan untuk Inalum. Apalagi biaya produksinya murah,” kata Syamsul.

Syamsul mengakui, dalam pembicaraan terakhir mengenai masa depan proyek PLTA Asahan III saat rapat koordinasi gubernur se-Indonesia di Tampaksiring, Bali, Direktur Utama PLN menawari Pemprov Sumut pembagian saham. ”Bagi saya yang penting bukan share atau syurnya, tetapi listrik ini digunakan untuk rakyat Sumut,” ujarnya.

Akan tetapi, dia tak menampik bahwa ide pembagian saham bagi Pemprov Sumut merupakan usulan yang menarik dan perlu dipertimbangkan. ”Kalau pemerintah daerah dapat saham, ya alhamdulillah,” katanya.

Proyek pembangunan PLTA Asahan III terkatung-katung sejak era Gubernur Rudolf Pardede. Saat itu Rudolf enggan memberikan izin lokasi kepada PLN dan malah memberikannya kepada PT Bajradaya Swarna Utama, pengembang PLTA Asahan I.

Saat Syamsul menjabat, kebijakan Rudolf memberikan izin lokasi kepada PT Bajradaya tetap dipertahankan. PLN pun tak pernah mendapatkan izin lokasi dari gubernur meski, menurut Dahlan, beberapa kali telah memohon surat permohonan kepada Gubernur Sumut.

PT Bajradaya bekerja sama dengan BUMN energi asal China, China Huadian Corporation, dalam membangun PLTA Asahan I. Belakangan proyek PLTA Asahan I yang rencananya bakal beroperasi April ini mendapat sorotan kalangan DPR sewaktu Komisi VII mengunjungi lokasinya. Saat itu diketahui proyek PLTA Asahan I tak memiliki analisis mengenai dampak lingkungan (amdal).

Hanya UKL dan UPL

Menurut Kepala Bidang Tata Lingkungan dan Amdal Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumut Rosdiana Simarmata, PLTA Asahan I hanya memiliki dokumen Upaya Pengelolaan Lingkungan (UKL) dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UPL). Rosdiana mengatakan, pembangkit yang kapasitasnya lebih dari 50 megawatt (MW) harus mengantongi dokumen amdal dalam pembangunannya. PLTA Asahan I memiliki kapasitas 2 x 90 MW.

Ketiadaan dokumen amdal dalam membangun PLTA Asahan I ini mendapat kritik dari General Manager PLN Proyek Induk Pembangkit dan Jaringan Sumut, Aceh, dan Riau Bintatar Hutabarat.

Menurut Bintatar, saat mengajukan permohonan izin lokasi membangun PLTA Asahan III, PLN telah memiliki dokumen amdal yang lengkap.

Bintatar mengatakan, mestinya PLN yang dipertimbangkan mendapatkan izin lokasi mengingat dokumen amdalnya telah lengkap. Sebaliknya PT Bajradaya malah tak mengantongi dokumen amdal sama sekali. (BIL)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook