Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pasokan Gas Metana Untuk Pembangkit Listrik

MIGAS
Gas Metana Batu Bara untuk PLN

 

Jakarta, Kompas - Pemerintah akan memprioritaskan penggunaan gas metana batu bara atau CBM untuk PT Perusahaan Listrik Negara. Ini dilakukan karena saat ini PLN masih kekurangan pasokan gas untuk pembangkit listrik di sejumlah tempat.

”CBM adalah alternatif, penggunaannya yang paling prioritas adalah untuk PLN,” kata Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Darwin Saleh, Jumat (8/1) di Jakarta. Diharapkan penggunaan CBM bisa meningkatkan proporsi energi primer nonbahan bakar minyak sehingga biaya pokok produksi listrik bisa turun.

Pasokan gas metana batu bara bisa dari berbagai sumber. ”Kontraktor itu harus didengar. Supaya mereka tertarik, pemerintah sedang mengkaji dan bila perlu ada masukan sehingga bisa menjadi landasan untuk pengembangan CBM,” ujarnya.

CBM adalah gas bumi yang terperangkap dalam batu bara. ”Kalau CBM bisa dialirkan pada tingkat mirip dengan gas alam cair, kami akan memanfaatkannya untuk daerah setempat dan yang memiliki kebutuhan tinggi,” kata Direktur Energi Primer PT PLN Nur Pamudji.

Namun, pihaknya masih akan mengkaji tentang harga jual CBM. ”Kami belum tahu mengenai harga CBM. Yang jelas, kami berupaya menggantikan BBM untuk pembangkit dengan bahan bakar yang lebih murah,” ujarnya.

Kebutuhan gas PLN secara nasional 2.400 british thermal unit per hari (BBTUD). Pasokan gas baru 1.400 BBTUD. Selisih 1.000 BBTUD akan ditutup dengan gas dari terminal penyimpanan gas di Tanjung Priok dan Medan maupun memanfaatkan pasokan CBM. (EVY/har)

 

Sumber : Kompas

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook