Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penerangan Jalan Umum Dengan Lampu LED

KOMPAS/AGNES RITA SULISTYAWATY
Bayangan yang tampil di tenda ini merupakan bagian dari instalasi bertajuk "Molilab". "Molilab" adalah satu dari ratusan karya yang dipamerkan dalam Luminale 2010 di Frankfurt, Jerman, 11-16 April. Pengunjung bisa ikut berkreasi membuat karya yang nantinya bakal disorot lampu sehingga menghasilkan bayangan aneka rupa.
 
PENERANGAN JALAN
Lampuku Terang, Kotaku Indah dan Aman

 

Perkembangan lampu untuk penerangan jalan umum di dunia tergolong pesat. Lampu tidak hanya berfungsi sebagai penerangan, tetapi sudah masuk ke ranah keindahan kota sekaligus membantu keamanan lingkungan.

Dalam pameran Light + Building, tanggal 11-16 April 2010 di Frankfurt, Jerman, sejumlah perusahaan lampu unjuk kebolehan memamerkan inovasi terbaru dan terbaik.

Produsen lampu Philips memberikan tempat yang cukup besar untuk penerangan jalan umum (PJU) di stan mereka.

Inovasi yang gencar ditawarkan adalah PJU dengan cahaya lampu putih sebagai ganti lampu berwarna kuning. Philips berpendapat bahwa PJU dengan warna putih bisa membuat ruang publik terlihat lebih terang. Penerangan yang baik ini pula yang diklaim bakal membawa kenyamanan sekaligus rasa aman bagi masyarakat yang melintas di jalan umum pada malam hari.

”Selama ini, pencahayaan kota didominasi dengan lampu yang mempunyai cahaya kuning. Tapi, sesungguhnya banyak orang menyukai warna putih karena bisa memberikan pencahayaan yang lebih jelas. Warna putih juga membuat pejalan kaki dan pengguna sepeda motor lebih mudah melihat sesuatu di jalan. Cahaya putih juga memudahkan orang mengenali wajah orang lain—sesuatu yang krusial di ruang publik yang semakin sesak,” tutur CEO Philips Lighting Rudy Provoost.

Cahaya putih juga membantu closed-circuit television (CCTV) untuk merekam gambar pada malam hari dengan lebih jelas.

Dalam sebuah survei kecil yang diadakan Electric Light Research Centre of the Fudan University di Shanghai, China, pada tahun 2007, sejumlah 92,3 persen dari 96 responden mengatakan, jalan dengan penerangan lebih jelas dengan lampu berwarna putih. Masih dalam survei itu, 96,2 persen responden menyebutkan bahwa mereka lebih bisa mengenali obyek di bawah penerangan lampu berwarna putih.

Lampu PJU berwarna putih yang ditawarkan Philips juga mulai menggunakan teknologi Light Emitting Diode (LED). PJU dengan LED disebut bisa menghemat penggunaan energi listrik hingga 50 persen serta mampu memberikan pencahayaan optimal dalam kurun waktu 50.000 jam.

Rudy mengatakan, PJU merupakan salah satu segmen penting Philips. Bahkan, Philips berani mengucurkan 6 miliar euro sepanjang tahun 2009 untuk investasi PJU. Dari jumlah itu, 15 persen di antaranya merupakan investasi untuk lampu LED.

Senior Marketing Manager PT Philips Indonesia Hendra Rusmana Liu mengatakan, PJU menggunakan teknologi LED sudah diterapkan di Indonesia, yakni di Jembatan Suramadu, Jawa Timur.

”Lampu di jalan umum tidak hanya membuat terang, tapi juga menonjolkan ruang publik sehingga tempat itu menjadi ikon kota,” ucap Hendra.

Penerangan yang lebih jelas ini diharapkan juga bisa membantu pengendara melihat jalan dengan lebih jelas di malam hari. Harapannya, angka kecelakaan diperkirakan juga bakal turun.

Desain ciamik

Desain penyangga PJU juga beragam. Pada pameran di Frankfurt, Philips memajang sejumlah model penyangga lampu untuk penerangan jalan. Ada model Grass LED yang berbentuk melengkung dengan ujung lampu yang tipis tapi memanjang. Ada penyangga lampu model Urban Stick, yakni satu batang penyangga yang berisi sejumlah lampu yang mengarah ke berbagai arah.

Di samping itu, Philips juga menyediakan Stright Line yang berpenyangga dengan lampu dua arah. Lampu model ini cocok untuk menerangi dua ruas jalan sekaligus.

Lampu model Multi Glow dibuat dengan model mirip lampu kap di rumah-rumah. Walaupun begitu, lampu model ini tetap terang karena ada empat ruas LED yang disusun membentuk bujur sangkar di dalam kap itu.

Salah satu desain lampu jalan yang cukup menarik adalah lampu untuk penerangan di tengah permukiman warga. Philips menamai model lampu ini sebagai outdoor urban. Lampu ini mempunyai lampu LED yang cukup mungil dengan kabel tipis di kanan-kirinya.

Kabel itu dibungkus pipa kecil. Pipa ini bisa dikaitkan ke sisi bangunan rumah sehingga lampu terlihat melayang di atas jalan. Model ini ditonjolkan karena tidak akan mengganggu kegiatan masyarakat pada siang hari dan memberikan penerangan pada malam hari.

Tentu saja, masih ada puluhan model produk lampu PJU yang dihasilkan Philips. Semua disesuaikan dengan kebutuhan di tiap kota. ”Tingkat terangnya lampu juga bisa disesuaikan untuk kebutuhan di tiap jalan umum. Ini juga salah satu keunggulan LED,” jelas Francois Fossy, anggota staf Philips. (Agnes Rita Sulistyawaty dari Frankfurt)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook