Alpen Steel | Renewable Energy

~ Perusahaan Listrik Afrika Selatan, Eskom Holding Ltd

PIALA DUNIA 2010
Eskom Pastikan Tidak Ada Pemadaman Listrik

 

Johannesburg, Senin - Perusahaan listrik Afrika Selatan, Eskom Holding Ltd, menyatakan tidak akan ada pemadaman selama musim dingin yang bertepatan dengan Piala Dunia. Persediaan batu bara mencukupi untuk memenuhi lonjakan kebutuhan listrik selama Piala Dunia pada 11 Juni-11 Juli 2010.

Perusahaan milik negara yang memasok 95 persen kebutuhan listrik Afrika Selatan itu sedang menghadapi ancaman mogok kerja dari para buruh di perusahaan rekanan Transnet. Para buruh mengancam menutup jalur kereta batu bara dan pelabuhan jika tuntutan kenaikan gaji 15 persen tidak dipenuhi.

Eskom menilai hanya pembangkit Majuba yang terpengaruh langsung oleh rencana pemogokan para pekerja.

”Pengaruhnya sangat kecil terhadap cadangan batu bara secara keseluruhan,” ujar Direktur Manajer Energi Eskom Dan Marokane kepada Dow Jones Newswire, Minggu (2/5).

Marokane yakin bisa memenuhi kebutuhan batu bara meskipun jalur kereta api ditutup. Mereka akan menambah pengiriman batu bara yang diangkut melalui jalur darat menggunakan truk ke Majuba. Alternatif lainnya adalah mengirim batu bara dari pembangkit lain yang bisa menggunakan jalur jalan.

Ia menegaskan, cadangan batu bara Eskom masih cukup untuk memenuhi peningkatan kebutuhan listrik selama musim dingin yang bertepatan dengan Piala Dunia.

Saat ini cadangan batu bara masih cukup untuk memenuhi kebutuhan selama 35 hari ke depan. Cadangan tersebut cukup untuk mengantisipasi pemogokan buruh Transnet. Jaringan kereta barang Transnet setiap tahun mengirim sekitar 6 juta metrik ton batu bara ke pembangkit Majuba. Jumlah itu hanya sekitar 5 persen dari kebutuhan total Eskom.

Transnet memiliki 50.000 pekerja dan 85 persen di antaranya tergabung dalam serikat The United Transport, Allied Trade Union, The South African Transport, dan Allied Workers Union.

Mereka menyatakan bahwa para buruh akan mogok kerja pada 10 Mei untuk memberi tekanan terhadap tuntutan kenaikan gaji 15 persen dan jaminan tak akan ada pemutusan kerja tahun depan.

Transnet sudah menawarkan kenaikan gaji 8 persen, tetapi belum menghasilkan kesepakatan dengan para pekerja. Manajemen Transnet berharap bisa segera mencapai kesepakatan dengan para pekerja.

Awal bulan lalu, kecukupan cadangan batu bara juga menjadi sorotan parlemen Afrika Selatan. Anggota parlemen meminta kepastian dari pemerintah tentang ada tidaknya pemadaman selama musim dingin. Menteri Perusahaan Umum Afrika Selatan Barbara Hogan, seperti dikutip iafrica.com menyatakan, cadangan batu bara Eskom mencukupi dan tidak ada pemadaman listrik selama musim dingin.

”Sampai dengan 15 Maret 2010, cadangan mencukupi untuk 36,9 hari dan Eskom berusaha memenuhi target. Bersamaan dengan strategi pemenuhan pasokan batubara melalui kontrak jangka panjang dan membuat kontrak baru jangka menengah yang akan dimulai pada April 2010,” ujar Hogan dalam surat jawaban kepada anggota Partai Kemerdekaan, Inkatha Peter Smith. (ANG)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook