Alpen Steel | Renewable Energy

~ Provinsi Sumatera Selatan Membutuhkan Pembangkit listrik Baru

Sumsel Butuh Pembangkit dan Gardu Induk Tambahan

 

Palembang, Kompas - Provinsi Sumatera Selatan membutuhkan pembangkit listrik baru dan penambahan gardu induk untuk meningkatkan kapasitas pasokan listrik. Ini untuk memperkuat keandalan sistem kelistrikan di Sumsel.

Hal itu dikemukakan Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Sumsel Robert Heri dalam pertemuan dengan 18 anggota Komisi VII DPR, Selasa (22/6) di kantor Gubernur Sumsel.

Robert mengatakan, lokasi pembangkit listrik di Sumsel terpusat di sebelah selatan Palembang. Pembangkit listrik seharusnya juga dibangun di kawasan timur, seperti wilayah antara Palembang-Jambi dan Palembang-Lampung.

”Kurangnya pembangkit menyebabkan sistem kelistrikan di Sumsel tidak andal,” katanya.

Menurut Robert, selain masalah pembangkit, jumlah gardu induk di Sumsel perlu ditambah. Jarak antargardu induk terlalu jauh sehingga banyak daya listrik terbuang.

”Kabupaten Musi Banyuasin dan Empat Lawang tidak punya gardu induk. Kedua kabupaten harus memasok listrik dari gardu induk di Kota Lubuk Linggau dan Kecamatam Betung, Banyuasin, yang jaraknya ratusan kilometer,” katanya.

Saat ini sedang ditender pembangunan tiga pembangkit listrik di Sumsel. Ketiga pembangkit itu total berkapasitas 1.000 MW.

Ketua Komisi VII DPR Achmad Farial mengungkapkan, pihaknya akan bertemu pimpinan PLN pusat membahas masalah kelistrikan di Sumsel. (WAD)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook