Alpen Steel | Renewable Energy

~ PT.PLN Berjanji, Mulai 30 Juni 2010 Tidak Ada Lagi Pemadaman Bergilir Di Seluruh Indonesia

LISTRIK
Janji PLN, per 30 Juni Stop Pemadaman

 

Jakarta, Kompas - PT Perusahaan Listrik Negara dan pemerintah menjanjikan paling lambat 30 Juni 2010 tidak ada lagi pemadaman bergilir di seluruh Indonesia.

”Paling lambat 30 Juni 2010 dijamin tidak ada lagi byarpet di seluruh Indonesia,” ujar Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Dahlan Iskan seusai rapat kelistrikan di Istana Wapres, Jakarta, Kamis (8/4).

Dahlan menjelaskan, byarpet yang ia maksud adalah pemadaman yang dijadwalkan atau bergilir karena kekurangan daya listrik. ”Tetapi, kalau di RT Anda padam, di rumah Anda padam itu bukan byarpet. Itu ada gangguan lokal,” kata dia.

Pemadaman bergilir kini masih terjadi, antara lain, di Kepulauan Mentawai dan Sungai Penuh di kawasan Sumatera, Flores, dan Palu, Tolitoli, Luwuk, dan Poso untuk kawasan Sulawesi. Di Jawa-Bali, pemadaman dinilai teratasi sejak Desember 2009.

Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa menjelaskan, PLN telah memaparkan, satu per satu daerah yang krisis listrik telah dan akan teratasi pada Juni. ”Itu sudah dipaparkan dengan tabulasi dan time frame sangat jelas,” tutur Hatta.

Terkait pembangunan pembangkit 10.000 megawatt tahap II, pemerintah masih mempertimbangkan pemberian insentif bagi pembangkit bertenaga panas bumi. ”Prioritas utama kami geotermal. Kami betul-betul menjaga agar pembangkit geotermal pembangunannya tidak tertunda,” ujar Hatta.

Pemerintah, kata Hatta, sedang mempertimbangkan pemberian insentif untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi. Dia menegaskan, ada perbaikan sistem tender proyek energi panas bumi.

”Dalam tender-tender geotermal, pemerintah daerah akan didampingi Kementerian ESDM dan PLN agar terintegrasi mulai upstream, pengeboran, steam, sampai persetujuan penjualan listrik pada PLN,” ujarnya.

PLN telah menjalin kerja sama dengan PT Perkebunan Nusantara (PTPN) I-XIV, PT RNI, dan Perum Perhutani dalam pengembangan energi terbarukan. Bentuk kerja sama adalah pembelian tenaga listrik dari pembangkit listrik berbasis biomassa dan energi terbarukan lainnya.

Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama kemarin dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Mustafa Abubakar. Pada saat bersamaan, nota kesepahaman kerja sama usaha biofuel PT Pertamina dengan PTPN III, PTPN IV, dan PTPN V juga ditandatangani.

PTPN I-XIV, PT RNI, dan Perhutani akan menyediakan dan menjual tenaga listrik berbasis biomassa dan energi terbarukan lain kepada PLN sesuai potensi yang dapat direalisasikan pada 2010-2015 dengan lokasi yang disetujui PLN. (HAR/DAY/EVY)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook