Alpen Steel | Renewable Energy

~ Tarif Dasar Listrik Naik Penjualan Komputer Axioo Meningkat

Kenaikan TDL Tak Berpengaruh
Berpeluang Tingkatkan Pasar "Printer" Hemat Energi

 

Bandung, Kompas - Meski tarif dasar listrik (TDL) akan dinaikkan, penjualan komputer di Bandung diyakini tak terpengaruh. Penjualan justru diperkirakan sedikit meningkat, paling tidak stabil, karena produsen kian gencar memasarkan komputer hemat energi.

Chief Executive Officer PT Tera Data Indonusa Samuel Lawrence di Bandung, Selasa (22/6), mengatakan, kenaikan TDL justru akan mendorong peningkatan penjualan komputer Axioo. Fokus pada penjualan komputer hemat energi membuat ia optimistis konsumen tak mencemaskan kenaikan TDL dan biaya listrik.

"Setidaknya, kami yakin angka penjualan tak akan turun. Kami optimistis, penjualan Axioo pada 2010 sesuai perkiraan," katanya. Penjualan di Bandung itu diprediksi naik 30 persen dibandingkan 2009, tetapi Samuel enggan menyebutkan angkanya. Proporsi penjualan di Bandung sekitar 6-7 persen dari jumlah nasional.

Konsumsi energi komputer model terbaru semakin hemat. Dibandingkan 10 tahun lalu, misalnya, pemangkasan listrik komputer saat ini sudah lebih dari 50 persen. Samuel mencontohkan, komputer meja (desktop) saat ini membutuhkan daya hanya 130 watt. Adapun daya yang dibutuhkan komputer buatan tahun 2000 sekitar 300 watt.

Dalam rentang waktu sama, daya yang dibutuhkan laptop juga terus menurun dari 90 watt menjadi 65 watt. "Bahkan, daya model terbaru ada yang sangat rendah, hanya 20 watt. Pada 2000-2005 kebutuhan daya komputer yang diproduksi memang terus naik," katanya.

Namun, dari 2005 hingga saat ini, tren daya komputer yang kian rendah justru meningkat. Samuel mengatakan, kenaikan TDL justru meningkatkan peluang penjualan komputer, setidaknya di perkantoran. Itu karena TDL yang kian tinggi membuat manajemen perusahaan mempertimbangkan menggunakan komputer dengan efisiensi energi tinggi.

"Kalau sadar, mereka upgrade (mengganti perangkat) komputernya. Jadi, kenaikan TDL tak berpengaruh. Setiap tahun penjualan Axioo terus naik," kata Samuel.

Hemat energi

Menurut General Manager Mitra Abadi Computer System Timmy Theopelus, kenaikan TDL sedikit berpengaruh terhadap penjualan karena melemahnya daya beli masyarakat. Akan tetapi, perkiraan berkurangnya perjualan itu akan tertutupi dengan masa-masa menjelang tahun ajaran baru.

Pada masa liburan sekolah, dari pertengahan Juni hingga pertengahan Juli, penjualan biasanya bisa naik sekitar 10 persen dibandingkan biasanya.

Pembelian komputer didominasi oleh pelajar atau mahasiswa baru. Penjualan diperkirakan tetap stabil hingga akhir 2010 dengan peningkatan sekitar 30 persen dibandingkan 2009. Stabilnya penjualan juga dipicu harga komputer yang kian terjangkau. Pada 2009 harga komputer Rp 3,5 juta sudah dianggap murah. Kini sudah ada komputer seharga Rp 2,7 juta.

"Sekarang pemilik komputer tidak hanya dari kalangan atas, tetapi juga menengah dan bawah. Saya optimistis penjualan komputer tak terganggu TDL," ujarnya.

Menurut Area Development Manager Bandung Imaging Printing Group Wei Ling Wong, rencana kenaikan TDL justru menjadi peluang meningkatkan penjualan printer hemat energi Hewlett Packard di Bandung. Alat itu bisa mengurangi penggunaan listrik hingga tiga kali lebih hemat serta kertas dan tinta masing-masing hingga 25 persen. (bay)

 

Sumber : Kompas


Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook