Alpen Steel | Renewable Energy

~ 79 Loket Unit Pelayanan Dan Jaringan Di Jawa Tengah dan DIY

PLN Sediakan Layanan Listrik Prabayar

 

YOGYAKARTA, KOMPAS - Perusahaan Listrik Negara atau PLN Distribusi Jawa Tengah dan DI Yogyakarta telah menyediakan layanan baru sejak akhir tahun lalu berupa layanan pembayaran listrik prabayar. Dengan membeli voucher mulai dari Rp 20.000, pelanggan bisa lebih mengendalikan pemakaian listrik di rumah masing-masing.

Menurut General Manajer PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY Fery Krisna, pihaknya menargetkan 150.000 pelanggan listrik prabayar tahun ini. Hingga kini, target tersebut telah terealisasi 40.000 pelanggan. "Target ke depan, semua pelanggan bisa beralih ke layanan prabayar," kata Fery, Kamis (3/6).

Kepala Divisi Distribusi dan Pelayanan Pelanggan Jawa Bali Haryanto mengatakan, penggunaan listrik prabayar cenderung lebih hemat energi karena pengguna listrik bisa memantau biaya yang dikeluarkan untuk listrik. "Dari pengalaman pribadi, penurunan tagihan listrik bisa 20 persen dibanding listrik pascabayar," ujar Haryanto.

Untuk mempercepat migrasi pelanggan, tarif pembayaran listrik prabayar untuk rumah tangga dengan daya listrik kurang dari 1.300 dipastikan lebih murah sekitar 10 persen dibanding dengan listrik pascabayar. Sejauh ini, sosialisasi massal listrik prabayar masih terkendala kesiapan pabrik untuk menyediakan teknologi meteran prabayar secara massal.

Manajer PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY Area Pelayanan dan Jaringan Yogyakarta Furqan Tanzala mengatakan, terdapat sekitar 2.000 pelanggan listrik prabayar di seluruh DIY. Taman Pintar Yogyakarta menjadi proyek percontohan bagi layanan listrik prabayar ini. "Pelanggan bisa atur pemakaian listriknya sendiri sehingga lebih hemat," ujarnya.

Saat ini, rasio elektrifikasi di Jateng dan DIY baru mencapai 71,48 persen. Masih tersisa 28,6 persen rumah tangga yang belum teraliri jaringan listrik. Dengan total pendapatan Rp 9,5 triliun, PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY telah surplus Rp 1,78 triliun, tetapi tetap dibebani subsidi ke daerah lain di Indonesia.

Layanan listrik prabayar sudah bisa diakses gratis masyarakat di 79 loket unit pelayanan dan jaringan di Jawa Tengah dan DIY. Sejak Januari, PLN telah membangun layanan panggilan dengan cakupan Semarang, Surakarta, dan Yogyakarta. (WKM)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook