Alpen Steel | Renewable Energy

~ PT PLN DJBB Achmad Taufik Hadji di Bandung

Industri Tanpa Keringanan Biaya Listrik

 

Bandung, Kompas - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) Distribusi Jawa Barat-Banten (DJBB) belum berencana memberikan keringanan biaya listrik untuk industri di Jawa Barat yang terendam banjir. Sementara ini, PLN DJBB masih terfokus pada perbaikan fasilitas listrik.

"Belum ada rencana memberikan keringanan biaya listrik untuk industri yang kebanjiran," kata General Manager PT PLN DJBB Achmad Taufik Hadji di Bandung, Rabu (31/3).

Direktur Perencanaan dan Teknologi PT PLN Nasri Sebayang menambahkan, yang dilakukan PLN hanya mempercepat pemulihan jaringan listrik. "Rentang waktu banjir dianggap cukup singkat. Lama perbaikan biasanya satu hingga tiga hari. Kami perbaiki kerusakan secepatnya," katanya.

Direktur Jenderal Listrik dan Pemanfaatan Energi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral J Purwono menjelaskan, kebijakan yang diambil PLN harus memiliki dasar hukum. Jika konsumen tak mendapatkan pelayanan memuaskan, misalnya pemadaman yang terlalu lama dan disebabkan PLN, kompensasi bisa diberikan. Adapun banjir bukan kesalahan PLN.

Purwono mengatakan, jaringan listrik yang kebanjiran perlu dipadamkan. Alasan pemadaman paling utama tak lain keselamatan masyarakat. Itu karena listrik bisa merambat melalui air, lalu menyebabkan warga meninggal karena terkena aliran listrik.

Minimal 3 hari

Deputi Manajer Komunikasi PLN DJBB Adang Djarkasih mengungkapkan, bila pemadaman listrik oleh PLN berlangsung selama tiga kali 24 jam atau lebih, barulah pelanggan berhak atas potongan harga 10 persen dari biaya beban. "Jadi, kalau biaya listrik pelanggan Rp 1 juta per bulan, potongannya Rp 100.000. Kalau biayanya Rp 3 juta per bulan, potongannya Rp 300.000," katanya.

Menurut Adang, hingga saat ini fasilitas penting yang terendam banjir hanya gardu distribusi di Kampung Cieunteung, Kelurahan Baleendah, Kecamatan Baleendah, Kabupaten Bandung. "Jumlah konsumen yang tersambung dengan gardu itu 157 pelanggan. Pulihnya gardu akan tergantung dari surutnya air. Saat ini banjir masih cukup dalam," katanya.

Selain itu, terdapat dua gardu khusus industri di Kabupaten Bandung yang juga terendam. Hanya, Adang tak dapat menyebutkan lokasinya dengan persis. Jika gardu sudah tak terendam, perbaikan akan selesai dalam waktu hanya satu hari. (bay)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook