Alpen Steel | Renewable Energy

~ Gubernur Jawa Timur Soekarwo Jamin Kebutuhan Investor Asing Terhadap Listrik

Gubernur Jamin Pasokan Listrik Aman

 

SURABAYA, KOMPAS - Investor asing yang hendak mengembangkan usaha di Jawa Timur meragukan ketersediaan gas untuk industri. Meski demikian, Gubernur Jawa Timur Soekarwo menjamin semua kebutuhan investor asing terutama listrik dipastikan aman.

Demikian diungkapkan Gubernur Soekarwo ketika menerima panitia Fun Bike Kompas di ruang kerjanya di Surabaya, pekan lalu. Dalam kesempatan itu Soekarwo menyebutkan sudah ada beberapa investor asing dari Belgia, Perancis, dan PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) yang berencana mengembangkan pabrik di provinsi ini. "Semua investor ini sudah siap mengembangkan inustri di Jatim, semua keluhan sudah bisa diatasi," katanya.

Dia juga mengatakan sudah bertemu Komisaris PT CJI Bernard Kent Sondakh. CJI akan menambah pabrik di Jombang dan Probolinggo dengan nilai investasi sekitar 400 juta dollar Amerika Serikat.

"Perusahaan dari Korea Selatan itu memang mengeluhkan soal pasokan listrik dan gas yang sudah hampir 20 tahun membuka pabrik di Jatim, tapi tidak pernah sesuai kebutuhan," ucap Soekarwo yang didampingi sejumlah pejabat Pemprov Jatim.

Soal pasokan listrik ke CJI dan juga industri lain dipastikan beres. "Saya sudah mengontak Dirut PT PLN Pak Dahlan Iskan dan beliau sudah memberikan garansi apalagi masih ada stok energi listrik sebesar 3.660 megawatt (MW), yang 660 MW dipasok dari Paiton. Tahun 2011-2012 akan ada tambahan 10.000 MW. "Soal pasokan listrik sudah tak masalah," kata Soekarwo.

Sementara itu, Komisaris PT CJI Bernard Kent Sondakh mengatakan, perusahaan tersebut memang sedang mempertimbangkan untuk menambah pabrik di Jatim. Selama ini sudah ada enam pabrik di Pasuruan, Jombang, dan Gresik. "Produksi sering terhambat karena pasokan listrik dan gas tidak sesuai kebutuhan. Khusus gas justru hampir habis kontrak dan ketika hendak membuat kontrak baru masih ada beberapa kendala, terutama soal pasokan gas," tuturnya.

Bahkan, belum ada kecocokan soal harga dan jaminan terpenuhinya kebutuhan gas untuk seluruh pabrik CJI di Jatim memicu keraguan untuk menambah jumlah pabrik. "Sedang dibahas soal kelancaran pasokan gas," kata Sondakh. (ETA/ABK)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook