Alpen Steel | Renewable Energy

~ Asosiali Bank Daerah (Asbangda) Dukung Pendanaan Pembangunan PLTU

PLN Ajak Asbangda Biayai Listrik Kalbar

KOMPAS/HERU SRI KUMORO

Laporan Wartawan Tribun Pontianak, Severianus Endi

PONTIANAK, KOMPAS.com —
Direktur Operasional PT PLN Indonesia Barat Harijaya Pahlawan mengatakan, ada peluang pengembangan listrik di Kalimantan Barat dengan bantuan pembiayaan perbankan. Apalagi Asosiali Bank Daerah (Asbangda) sudah memberikan sinyal ingin mendukung pendanaan, khususnya pembangunan transmisi.

"Uang mereka juga banyak, jadi bisa bantu. Di Sumatera sudah terjadi, yakni Asbangda Babel dan Sumatera Utara membantu pembangunan PLTU Bangka. Model ini akan diterapkan di tempat lain," ujar Harijaya dalam acara silaturahim bersama Wakil Gubernur Kalbar Christiandy Sanjaya, Jumat (15/1/2010) di Kantor Sekretariat Daerah Pemprov Kalbar.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kalbar Fathan A Rasyid meminta PT PLN menjadi inisiator. Ia berharap, Asbangda se-Kalimantan bisa membantu pembiayaan power plant untuk menjawab kekurangan listrik di Kalbar.

Christiandy Sanjaya menuturkan, Asbangda se-Kalimantan merupakan tiga besar perbankan di Indonesia. Atas dasar ini, ia yakin pembiayaan pembangunan kelistrikan dapat terbantu.

Harijaya berjanji akan menindaklanjuti aspirasi tersebut. Selain itu, ia juga bakal mengecek Independen Power Producer (IPP) yang sudah ada di Kalbar. Sebab, sudah ada sejumlah izin IPP terbit, tetapi belum jelas realisasinya.

"Kami akan cek, apakah baru ada lahannya saja, tetapi belum ada bangunan. IPP itu akan kami dorong supaya cepat terealisasi," ucap Harijaya.

Kehadiran Harijaya itu juga untuk serah terima jabatan general manager (GM) di kalangan industri setrum Kalbar. GM sebelumnya, Denny Pranoto, dirotasi ke Sumut. Denny digantikan oleh Widodo Budi Nugroho yang sebelumnya menjabat Manajer Operasional PT PLN Tangerang. (*)

 

Sumber : kompas


Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook