Alpen Steel | Renewable Energy

~ Rumah Cantik Tanpa Listrik

Home, Sweet Home Tanpa Listrik

Hmmm… Kira-kira kapan ya saya punya rumah yang peralatan listriknya tidak membutuhkan listrik dari luar? Artinya tanpa sambungan listrik masih bisa nonton televisi, menyalakan komputer, men-charge HP, dsb.

Mungkin ini baru sebatas impian, karena biang teknologi (baca Jepang) juga baru sampai tahap merancang seperti ini. Jepang sudah bermimpi dari tahun 2008 lalu, rumah ini akan menjadi rumah masa depan yang peduli bumi.

Semua energi dalam Zero Emission House yang digunakan untuk ‘menghidupkan’ rumah, berasal dari alam. Penerangan serta pendingin atau penghangat ruangan, misalnya, tak memerlukan listrik dari luar sehingga kita tidak perlu lagi membayar listrik dan menimbulkan pencemaran karena pembangkit yang menggunakan BBM. (Yang paling penting, apabila terwujud bisa menjadi langkah nyata untuk mencegah global warming yang selama ini mengancam)

Bisa dibayangkan hematnya seperti apa, energi yang menghidupkan rumah tak satupun yang memerlukan listrik dari luar. Semua diusahakan sendiri oleh sistem panel surya dan pembangkit listrik tenaga angin skala kecil.

Energi matahari diserap oleh panel surya yang dipasang di atap. Lalu energi tersebut disimpan di baterai dan diolah menjadi listrik oleh power supply. Kapasitas penyimpanan baterai lithium mencapai 6.000 watt (Lumayankan?… bandingkan dengan rumah kita yang paling kecil saja akan mendapatkan pasokan listrik 4.500 VA dari PLN).

Rumah impian ini ada sisi lemahnya, karena power supply mendapatkan energi dari matahari maka bisa saja meredup berminggu-minggu ketika musim hujan. Tapi jangan khawatir, hal itu tak masalah, karena rumah dapat memperoleh energi dari pembangkit listrik tenaga angin berbentuk baling-baling dengan sistem penyimpanan yang sama di baterai dan power supply. (Semua ada solusinya)

Kelemahan di atas masih bisa diakalin, tapi yang ini perlu usaha keras dan rajin menabung dari sekarang. Untuk mewujudkan home sweet home tanpa listrik seperti di gambar membutuhkan uang yang luar biasa banyak, menurut saya ya... Investasinya sekitar 9 sampai 10 milyar. Uang yang terlampau banyak untuk investasi sebuah rumah, tapi engga membatasi untuk bermimpi kan?… Home, sweet home without electricity, siapa mau?

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook