Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Atau Uap Di Seulawah Agam, Kabupaten Aceh Besar


Top of Form

Bottom of Form

Proyek Geotermal, Jerman Minta Jaminan

Banda Aceh, Kompas - Pemerintah Jerman meminta jaminan dalam bentuk surat dari Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam agar bisa mencairkan dana pinjaman lunak sebesar 56 juta euro yang akan digunakan untuk mengembangkan pembangkit listrik tenaga panas bumi atau uap di Seulawah Agam, Kabupaten Aceh Besar. Namun, Pemprov NAD sampai kini belum memberikan kepastian mengenai surat jaminan itu.

Ketua Tim Asistensi Bidang Ekonomi Gubernur Provinsi NAD Hasan Yudie Sastra, ditemui di Banda Aceh, Selasa (1/12), mengatakan bahwa di luar dana hibah yang diberikan untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Seulawah Agam, Pemerintah Jerman menginginkan adanya surat jaminan.

”Bentuk persisnya kami belum tahu. Akan tetapi, surat itu untuk memberikan kepercayaan kepada mereka terhadap pemerintah setempat,” katanya.

Dia mengatakan, sampai saat ini belum ada jawaban resmi dari Pemprov NAD atau Gubernur mengenai permintaan surat jaminan ini. Namun, dirinya mengakui, pinjaman lunak dari Pemerintah Jerman senilai 56 juta euro ini akan sangat membantu Aceh untuk mengembangkan pembangkit listriknya sendiri.

”Sisanya akan dicari melalui calon-calon penanam modal yang tertarik dengan pengembangan kelistrikan di Aceh,” tuturnya.

Ketua sementara Dewan Perwakilan Rakyat Aceh Hasbi Abdullah mengatakan bahwa pi-haknya akan mengusulkan adanya anggaran khusus untuk pengembangan ketenagalistrikan di Aceh.

Menurutnya, kondisi kelistrikan Aceh saat ini cukup mengkhawatirkan.

Staf ahli Pemprov NAD Bidang Ekonomi dan Keuangan Abdul Rahman Lubis, ditemui di Banda Aceh, beberapa waktu lalu, mengatakan bahwa untuk pengembangan geotermal di Seulawah Agam, pihaknya akan melakukan tender untuk tahap pertama pengembangan energi panas bumi.

”Rencananya, awal tahun 2010, proyek tahap pertama ini akan ditenderkan. Tender ini terbuka untuk siapa saja,” katanya.

Untuk pembangunan PLTP, menurut Abdul Rahman, setidaknya dibutuhkan dana sampai 120 juta euro atau setara dengan Rp 1,5 triliun. Untuk itu, sisa dana pembangunan dan pengembangan PLTP Seulawah Agam akan dipenuhi dari pemenang tender.(MHD)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook