Alpen Steel | Renewable Energy

~ Krisis Listrik Telah Menghantui Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara

KRISIS ENERGI LISTRIK MAKASAR

Filed Under: Umum

Banyak sekali masalah yang di hadapi Negara ini dari kasus korupsi hingga pada krisis energi lebih tepatnya lagi krisis energi listrik ini terjadi di Makasar yang dimana PT. PLN harus membeli listrik sisa dari pabrik gula PT. Makassar Tene sebesar 3 megawatt ke PLN kelebihan listrik yang dijual Rp 630 per kwh ini diharapkan memberikan kontribusi untuk mengatasi krisis listrik di kawasan tersebut. Direktur utama PT. Makassar Tene Abuan Halim di Makassar, mengatakan industri gula rafinasi yang dikelolanya mempunyai pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) yang berkapasitas 18 megawatt yang saat ini baru terpakai 12 megawatt saja karena produksi gula pada PT. Makassar Tene per hari baru mencapai 1.200 ton atau 80% dari kapasitas yang terpasang.

Langkah ini diambil karena untuk mengurangi dampak krisis energi listrik di wilayah Makassar. Yang telah dilakukan sejak Januari 2010 lalu, ketika krisis listrik telah menghantui Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Utara. Namun, proses penyaluran listrik ke kawasan pergudangan Parangloe, Makassar baru dapat dilakukan 16 April lalu.

Di Kendari, Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam mengeluhkan pembangunan di daerahnya terhambat minimnya pemasokan listrik. Hingga kini konsumsi listrik di Makassar hanya 45 persen saja, dihitung dari kebutuhan rumah tangga, sedangkan untuk industri belum terjangkau. Ruko – ruko banyak berkembang tetapi listrk balum dapat disalurkan, untuk mengakali kurangnya pasokan listrik pelaku bisnis dikendari mengandalkan generator set untuk suplai listrik. Menurut Fauzi Firdaus General Manager Swiss Belhotel, hotelnya memakai generator set untuk memenuhi konsumsi listrik di hotel tsb.

Ini menjadikan bertambah banyaknya kawasan yang tertinggal di Indonesia. Ini lah dampak dari krisis global yang mengabaikan alam. PLN seharusnya berusaha dan menyampaikan krisis listrik ini kepada PEMERINTAH.

Alam juga mengaku bahwa pihaknya juga telah mendesak PLN untuk memenuhi kebutuhan listrik untuk bulan Juni mendatang , agar dampaknya tidak menyebar terlalu luas. Agar industri yang seharusnya bisa menambah pendapatan nasional juga dapat berproduksi dengan maksimal.sebenarnya bukan daerah Sulawesi saja yang mengalami krisis energi melainkan ada beberapa wilayah Indonesia yang mengalami krisis energi, disinilah peran pemerintah dibutuhkan untuk mensejahterakan rakyatnya.

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook