Alpen Steel | Renewable Energy

~ Masyarakat Sumatera Selatan Eksploitasi Sumur Tua

Ribuan Sumur Tua Akan Dieksploitasi

Palembang, Kompas – Organisasi profesi Masyarakat Minyak, Gas, dan Energi Sumatera Selatan saat ini telah membentuk tim kerja untuk mengeksploitasi sekitar 3.600 sumur migas tua. Eksploitasi bersama koperasi unit desa itu dinilai bisa memberi nilai tambah bagi perekonomian nasional-daerah karena kandungan migas di sumur tua tersebut belum sepenuhnya habis.

Ketua Masyarakat Minyak, Gas, dan Energi Sumatera Selatan, Ahmad Rizal, mengungkapkan hal itu, Minggu (25/10), di Palembang, Sumatera Selatan. Ini merupakan program kerja prioritas dari organisasi yang berdiri sejak Juni 2009 tersebut.

”Program ini sekaligus menjawab surat edaran Menteri ESDM (Energi dan Sumber Daya Mineral) yang digulirkan sejak tahun 2008. Ide ini juga selaras dengan tujuan organisasi, yakni mencari potensi alam agar bisa digunakan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat,” katanya.

Saat ini, lanjutnya, telah dibentuk dua tim operasional yang beranggotakan akademisi, pemerhati, dan pengusaha migas dari Sumsel. Kedua tim dipimpin pengamat-pakar migas, Johny Bustam dan John Karamoy.

Target peningkatan kesejahteraan rakyat supaya benar-benar terwujud, lanjut Rizal, pihaknya telah menyusun sejumlah aturan main. Salah satunya, kegiatan eksploitasi sumur-sumur migas tua itu harus bekerja sama dengan koperasi unit desa (KUD).

”Selain KUD, kerja sama juga terbuka bagi pengusaha lokal atau BUMD. Namun, prioritas tetap ke KUD, dengan pertimbangan mayoritas pelakunya adalah rakyat setempat,” tutur Rizal.

Sejak 1970

Sumur migas tua dimaksud, menurut Rizal, adalah sumur-sumur yang sudah tidak dioperasikan sejak 1970. ”Masyarakat Minyak, Gas, dan Energi Sumsel telah meneliti, saat ini ada sekitar 3.600 sumur migas tua yang mayoritas dimiliki Pertamina,” paparnya.

Hasil penelitian lanjutan, kata Rizal, juga memperlihatkan bukti keekonomian sumur-sumur migas tua itu. Jika diasumsikan satu sumur minyak tua dieksploitasi dengan metode yang paling sederhana, yakni ditimba secara manual dengan ember, setidaknya sumur itu masih bisa menghasilkan 2-3 barrel minyak mentah per hari. (ONI)

Batasi Pertambangan

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook