Alpen Steel | Renewable Energy

~ Menteri Perdagangan AS Bicara Tentang Potensi Energi Bersih

 

SIARAN PERS
KEDUBES AMERIKA SERIKAT


PUBLIC AFFAIRS SECTION

Menteri Perdagangan AS Locke Berbicara tentang Potensi Energi Bersih

JAKARTA – Menteri Perdagangan AS Gary Locke mengadakan pertemuan terbuka pada hari ini dengan para mahasiswa dan staf pengajar di kampus Universitas Indonesia Salemba, dimana ia menekankan pentingnya inovasi dalam menciptakan teknologi energi bersih yang baru. Ia menegaskan keuntungan letak geografis Indonesia dalam menyediakan sumber daya yang dapat digunakan untuk solusi energi bersih dan terbarukan serta menekankan pentingnya teknologi bersih bagi kewirausahaan dan potensi pengembangan mereka guna menciptakan jutaan lapangan kerja baru, sekaligus meningkatkan kualitas lingkungan hidup.

 

Locke menjawab pertanyaan yang disampaikan secara langsung melalui Twitter dan videonya juga disiarkan langsung melalui internet di Kompas-TV.

 

“Upaya ini tidak hanya terbatas pada satu negara; baik Indonesia dan Amerika Serikat dapat mengambil keuntungan dari kerja sama dalam pengembangan energi bersih,” kata Locke dalam pertemuannya dengan para mahasiswa. “Amerika Serikat, Indonesia dan seluruh dunia mengandalkan orang-orang yang cerdas dan bermotivasi seperti Anda semua untuk menemukan teknologi energi bersih baru yang dapat membantu jutaan rakyat kita mendapatkan pekerjaan yang menuntut keterampilan tinggi dan bergaji baik.”

 

“Dengan bakat Anda, kreativitas Anda dan kecerdasan Anda, Anda bisa menjadi pemimpin dalam upaya melawan perubahan iklim,” sambung Locke. “Anda bisa menjadi inovator dan wirausahawan yang membantu kami membangun perekonomian abad ke 21 yang berlandaskan energi bersih.”

 

Selanjutnya, Locke berpidato di depan Kamar Dagang Amerika di Indonesia, mengungkapkan komitmen para pemimpin Indonesia terhadap sasaran-sasaran energi bersih yang agresif. Ia mendorong mereka untuk membuka lebih banyak lagi bidang industri bagi investasi asing, termasuk pembangkit listrik skala kecil yang saat ini membatasi investasi dari perusahaan Amerika.   

 

“Saat saya berbicara dengan para pimpinan bisnis Amerika, keprihatinan utama yang saya dengar adalah kurangnya transparansi dari pemerintah,” kata Locke. “Kalangan bisnis seringkali tidak mengetahui peraturan yang berlaku, bagaimana peraturan tersebut ditegakkan, atau bagaimana keputusan dibuat. Ini terutama terjadi di tingkat daerah.”

 

Energi yang terbarukan saat ini hanya menyediakan 7 persen kebutuhan energi di Indonesia, kebanyakan dari pembangkit listrik tenaga air dan panas bumi; tetapi sebuah konsensus baru bahwa energi yang terbarukan dapat menciptakan lapangan kerja, mengurangi emisi karbon dan mempertahankan pertumbuhan ekonomi membawa sejumlah peluang baru dalam sektor ini. Dengan penguasaan atas lebih dari 40 persen sumber daya panas bumi dunia, berbagai peluang untuk pembangkit listrik berbasis biomassa dan proyek-proyek air mikro, ratusan mil  garis pantai untuk pengembangan energi gelombang laut dan energi angin lepas pantai, serta iklim khatulistiwa untuk energi surya, Indonesia siap menjadi pasar energi terbarukan yang terkemuka.

 

Misi perdagangan Locke ke Indonesia merupakan lanjutan dari misi perdagangan serupa ke China terkait pengembangan bisnis energi bersih. Kedua misi tersebut bertujuan untuk mengembangkan Prakarsa Ekspor Nasional yang diluncurkan oleh Presiden Obama – yang bertujuan untuk menggandakan ekspor AS dalam lima tahun ke depan guna mendukung 2 juta lapangan kerja di Amerika.

Untuk informasi lebih lanjut tentang kegiatan Kedutaan silahkan kunjungi http://jakarta.usembassy.gov, atau ikuti Twitter kami di Twitter@usembassyjkt 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook