Alpen Steel | Renewable Energy

~ Presiden Brasil Turun Tangan Atasi Listrik Padam


Listrik Padam, Presiden Turun Tangan
 
Presiden Brasil Luiz Inácio Lula da Silva pun turun tangan untuk mengatasi padamnya aliran listrik di sebagian wilayah negara itu. Dia berjanji segera menormalkan kembali pasokan listrik akibat kerusakan tiga transmisi tegangan tinggi setelah diterjang badai.

 

Kerusakan mendadak pada Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Ataipu pada hari Selasa (10/11) itu semula diduga karena ulah oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab dan pengacau. Dugaan itu menguat karena sebelumnya ada laporan berita CBS, ”60 Minutes”, yang menyebutkan, beberapa peristiwa pemadaman listrik di negara tersebut disebabkan oleh ulah tangan jail para cyber hackers yang menyerang sistem kontrol.

Rasa khawatir dan panik terasa di mana-mana, di sebagian wilayah itu. Banyak orang terjebak di dalam lift gedung-gedung tinggi. Di kota-kota besar, seperti Rio de Janeiro dan Sao Paulo, warga terjebak di dalam kereta komuter dan kepanasan di dalam apartemen. Sekitar tujuh juta warga tidak mendapat layanan air akibat sistem hidrolik terganggu.

Komite khawatir

Komite Olimpiade Brasil yang tengah mempersiapkan ajang sepak bola Piala Dunia 2014 dan Olimpiade Rio de Janeiro 2016 pun khawatir.

”Saya ingin tahu bagaimana ini bisa terjadi. Kasus ini bisa memberi citra buruk Brasil menjelang Piala Dunia dan Olimpiade,” kata Wesley Aragao, seorang warga.

Presiden Luiz segera menangkap kepanikan dan kegelisahan warganya. Dia memerintahkan operator melakukan penyelidikan cepat. Operator menemukan aliran di tiga transmisi tegangan tinggi pada PLTA Itaipu terputus setelah diterjang badai, hujan deras dan petir.

Presiden Luiz memastikan tidak ada kekurangan produksi. Energi terus ditambah. Tidak ada sabotase aliran listrik. Masalah utamanya adalah kerusakan pada sistem distribusi setelah tiga transmisi diterpa badai kencang. Dia berjanji akan segera mengatasi terputusnya aliran listrik ke 60-70 juta warganya itu, dari jumlah total penduduk 190 juta jiwa.

Selain berasal dari PLTA Itaipu, kebutuhan listrik Brasil juga dipasok oleh perusahaan listrik negara tetangganya, Paraguay. PLTA Itaipu hanya memasok 20 persen kebutuhan energi Brasil, sisanya dipasok Paraguay.

Menteri Energi Brasil Edson Lobao mengatakan, pasokan listrik kepada 60-70 juta warganya itu akan segera dipulihkan. Sumber kerusakan sudah ditemukan. Operator PLTA Itaipu sedang berupaya keras untuk memulihkan pasokan listrik pada tiga transmisi itu, yang menyalurkan daya sebesar 750.000 volt. (REUTERS/AP/AFP/CAL)

RIO DE JANEIRO, KOMPAS.
.indosat {font: bold italic 12px Tahoma;}
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook