Alpen Steel | Renewable Energy

~ Proyek Swastanisasi Listrik di Pulau Bawean

Swastanisasi Listrik di Bawean


Proyek swastanisasi listrik di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur terancam molor. Pihak investor PT Artha Ageng Energy atau AAE yang akan menggantikan PT PLN, hingga kini belum memperoleh izin penetapan dari Bupati Gresik. Izin penetapan ini belum turun karena masih terjadi tarik ulur pengelolaan swastanisasi listrik di Pulau Bawean. Pemkab Gresik mendapat tekanan kuat dari sekelompok warga Bawean yang tidak menyetujui masuknya PT AAE.
Kuasa Hukum PT AAE, Zulfan Hasyim Selasa (16/1) mengatakan PT AAE masih menunggu izin pengelolaan listrik di Bawean. Kliennya tidak memberi batas waktu sampai kapan izin itu harus diterbitkan.
“Namun sebagai investor, PT AAE akan berpikir lagi menanamkan investasinya jika tidak ada kepastian hukum di suatu daerah. Saat ini klien kami memfokuskan pengambangan listrik di Toli-toli Sulawesi Tenggara. Pemkab Toli-toli sudah memberikan izin dan menyepakati harga listrik sebesar Rp 1.500 per KwH,” jelas Zulfan.
Di Gresik PT AAE masih menunggu kepastian. Menurut Zulfan jika tidak ada kepastian, pimpinan PT AAE tentu memiliki kebijakan sendiri untuk mengamankan investasi.
Sebelumnya Wakil Bupati Gresik Sastro Suwito bersama manajemen PT AAE, PT PLN, Komisi B DPRD Gresik beserta beberapa tokoh Bawean, LSM serta masyarakat sudah menyepakati harga jual listrik di Bawean sebesar Rp 1.380 per kilowatt hour (kWh). Hasil pertemuan itu sudah direkomendasikan ke Bupati Gresik.
Secara terpisah Bupati Gresik Robbach Ma’sum mengatakan pertemuan itu bukan harga mati untuk dituangkan dalam sebuah keputusan bupati. “Kami harus mempelajari dulu hasilnya. Soalnya kami juga menerima surat keberatan dari seklompok warga Bawean yang cukup berpengaruh. Kami tidak ingin persoalan listrik Bawean justru berlarut-larut karena ada konflik,” kata Robbach Ma’sum kepada wartawan.
 
KOMPAS
GRESIK, KOMPAS
NUSANTARA
Laporan Wartawan Kompas Adi Sucipto
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook