Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLN di Kaltim Beralih Ke Tenaga Uap

PLN di Kaltim Mulai Beralih ke Gas

Mengantisipasi tingginya harga bahan bakar minyak dunia, pembangkit listrik tenaga diesel di Kalimantan akan beralih ke pembangkit listrik tenaga gas dan uap. Pengalihan bahan bakar ini sekaligus meningkatkan kapasitas tenaga listrik di Kalimantan Timur dari 60 megawatt menjadi 150 megawatt.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Purnomo Yusgiantoro mengatakan hal itu seusai menyaksikan penandatangan nota kesepahaman (MOU) antara PT PLN dan Badan Pengelola Migas di Balikpapan, Sabtu (24/9).

Menurut Purnomo, sudah lama Indonesia bercita-cita menggantikan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD) berbahan bakar minyak dengan pembangkit listrik tenaga gas dan uap (PLTGU).

Selain untuk mengatasi menipisnya cadangan minyak bumi Indonesia, juga mengantisipasi melonjaknya harga minyak dunia. Cita-cita ini tidak kunjung terwujud karena harga BBM terlampau murah.

Di Indonesia, lanjut Purnomo, sekitar 54 persen kebutuhan energi masih bertumpu pada BBM sehingga energi lainnya kurang dimanfaatkan. ”Karena itu harus ada kebijakan radikal, yakni mendorong digunakannya energi non-BBM,” katanya. Listrik Jawa-Bali, lanjutnya, mulai 2006 akan menggunakan bahan bakar non-BBM karena lebih efisien.

Menurut General Manager PT PLN Kaltim, Arifin Syah, jumlah pelanggan di Kaltim saat ini sekitar 420.000, naik sekitar 14 persen per tahun. Kapasitas listrik 60 megawatt kurang memadai sehingga penggunaan gas untuk menambah kapasitas merupakan alternatif paling memungkinkan, efisien, dan ramah lingkungan. Diharapkan pada 2007, PLTGU sudah bisa direalisasikan.

Source :Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook