Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLT Diesel Apung yang Terseret Tsunami Difungsikan Kembali

PLTD Apung Akan Difungsikan Kembali

Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Apung yang terseret gelombang tsunami sekitar tiga kilometer dari pantai Ule Lheue Banda Aceh pada 26 Desember 2004, segera difungsikan kembali setelah mendapat persetujuan DPR Aceh.

"Izin prinsip dari Gubernur Irwandi Yusuf, untuk memanfaatkan kembali PLTD Apung sudah ke luar, hanya tinggal menunggu dukungan DPRA," kata GM PT. PLN Persero Wilayah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), Wahyu Sulaeman di Banda Aceh, Jumat (6/6).

Dia mengatakan, jika persetujuan DPRA diperoleh dan ada investor yang berminat mengelola, PLN dapat segera bergerak mengaktifkan PLTD Apung yang berkapasitas 10 Mega Watt (MW) itu sehingga dapat mengatasi defisit listrik di Aceh.
   
Wahyu menambahkan, PLN juga sedang mengkaji beberapa proposal dari pengusaha yang berniat membangun pembangkit listrik baru secara cepat di Banda Aceh, guna memenuhi kebutuhan listrik masyarakat konsumen daerah ini.
   
Kekurangan daya listrik dapat teratasi bila PLTD Apung difungsikan kembali dan PLN sendiri saat ini menerima pasokan energi listrik dari Medan, Provinsi Sumatera Utara sebesar 167 MW, ditambah 23 MW dari pembangkit Lueng Bata. Aceh akan bebas pemadaman hingga akhir 2008, menunggu pembangkit listrik lain dibangun.
   
Pemenuhan pasokan listrik akan ditambah sesuai kebutuhan masyarakat, yang sudah disiapkan energi transfer dari Medan sekitar 167 MW. Tegangan terakhir yang sampai ke Banda Aceh tidak boleh kurang dari 126 KV (Kilo Volt) agar pelayanan di tingkat tegangan menengah tidak kurang dari 19-19.1 KP.
   
Untuk jangka panjang, PLN telah menandatangani kesepakatan (MoU) dengan PT. Kertas Kraff Aceh (KKA), serta mendesak PT. Arun LNG mau membagi energi listrik yang dimiliki pembangkit di perusahaan tersebut bagi masyarakat konsumen daerah ini, yang mengalami defisit energi listrik. (waspada)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook