Alpen Steel | Renewable Energy

~ Penerapan Tarif Listrik Baru Bagi Pelanggan Tertentu

Pemerintah Hitung Tarif Listrik Baru

Setelah menurunkan harga bahan bakar minyak, pemerintah segera menurunkan tarif listrik. Namun, penerapan tarif listrik baru ini hanya berlaku untuk sektor pelanggan tertentu.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Purnomo Yusgiantoro, Minggu (11/1) di Jakarta, mengatakan bahwa penurunan tarif listrik dimung- kinkan karena kenyataannya asumsi harga minyak yang dipakai sebagai patokan penghitungan subsidi listrik juga lebih rendah.

”Kita pakai asumsi (harga minyak) 80 dollar AS per barrel, kenyataannya harga minyak sekarang di kisaran 45 dollar AS per barrel sehingga subsidi dan biaya pokok penyediaan listrik juga turun. Akibatnya, beberapa tarif dapat disesuaikan. Saat ini sedang dihitung dengan cermat tarif listrik baru, termasuk implikasinya,” katanya.

Menurut Purnomo, penurunan tarif dasar listrik tidak akan berlaku untuk semua sektor pelanggan. Konsumen industri jadi target utama.

Direktur PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) untuk Wilayah Jawa Bali Murtaqi Syamsudin mengatakan, apabila terjadi penurunan harga jual, maka harus ada kesediaan pemerintah untuk menambah subsidi.

Pasalnya, meskipun harga BBM tahun ini turun di bawah asumsi APBN 2009, biaya pokok penyediaan (BPP) listrik masih lebih tinggi dibandingkan dengan harga jual.

”Biaya BBM masih menempati porsi 70 persen dari keseluruhan biaya bahan bakar PLN. BPP PLN dengan harga minyak 45 dollar AS sekitar Rp 1.000 per kWh, sedangkan harga jual rata-rata Rp 630 per kWh,” kata Murtaqi Syamsudin.

Dalam APBN 2009, dana untuk subsidi listrik sebesar Rp 60,53 triliun, terdiri dari subsidi listrik tahun berjalan sebesar Rp 55,24 triliun dan dana siaga jika kewajiban memasok batu bara ke PLN tidak terpenuhi sebesar Rp 5,29 trili- un. (DOT)

Jakarta, Kompas 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook