Alpen Steel | Renewable Energy

~ Aceh Mulai Beralih Ke Energi Panas Bumi

Aceh Mulai Beralih Ke Energi Non Fosil

Banda Aceh ( Berita ) :  Pemerintah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) mulai mengalihkan penggunaan energi listrik dari bahan bakar minyak yang berasal dari fosil ke energi yang terbarukan.

“Kalau bisa kita tidak tergantung pada daerah lain. Kini sedang diberdayakan energi terbarukan yang kita miliki seperti geotermal (panas bumi),” kata Sekda NAD, Husni Bahri TOB pada seminar Green Aceh Spirit di Banda Aceh, Jumat.

Aceh hingga saat ini masih defisit listrik dan sangat tergantung dengan pasokan dari Provinsi Sumatera Utara sehingga karena kekurangan energi tersebut masih sering terjadi pemadaman.

Salah satu upaya untuk menghemat membangun pembangkit listrik bersumber dari bahan yang dapat diperbaharui seperti air, panas bumi, angin, bahan bakar nabati dan lainnya.

Energi alternatif itu selain mengurangi ketergantungan dengan energi fosil yang tidak dapat diperbaharui dan diperkirakan hanya cukup untuk 100 tahun lagi, juga merupakan salah satu cara mempertahankan Aceh Hijau.

Pemerintah Aceh sedang mencari investor yang berminat mengelola energi baru dan terbarukan (renewable energy) sehingga dapat memenuhi kebutuhan listrik yang kini masih tergantung dengan bahan bakar minyak.

Di wilayah Aceh terdapat banyak potensi energi primer yang dapat diperbaharui dan sudah dilakukan studi awal seperti Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan yang dapat menghasilkan listrik sebesar 86,4 MegaWatt (MW).

PLTA Tampur yang mampu menghasilkan 428 MW, PLTA Lawe Alas 216 MW, PLTA Peudada 15 MW, PLT Panas Seulawah Agam 162 MW, PLTP Jaboi 10 MW dan pembangkit listrik tenaga matahari yang tersebar di seluruh Aceh.

“Kita terus mengkaji potensi renewable energy sehingga kebutuhan listrik Aceh tidak lagi tergantung pada bahan bakar fosil yang semakin langka dan mahal serta melepaskan karbon yang berdampak pada pemanasan global.

Energi yang bersumber dari air mampu dihasilkan tenaga pembakit listrik yang cukup, sehingga Aceh bukan hanya mampu memenuhi kebutuhan energinya tapi juga dapat mengimpor ke daerah lain, katanya. (ant )

Print This Post Print This Post

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook