Alpen Steel | Renewable Energy

~ Seiring Dengan Kenaikan BBM

Agar Listrik tak Ikut Naik

Di saat bertambahnya laju harga minyak dunia, isu-isu tentang APBN, ekonomi, industri, listrik, dan lingkungan semakin seru dibahas di media-media masa. Dengan harga minyak dunia yang mendekati US$ 100/barel, kenaikan harga kebutuhan primer hingga tersier masayarakat tinggal menunggu waktu saja. Bisa cepat bisa juga agak cepat, tergantung kebijakan pemerintah dalam merespon ledakan harga minyak ini.

sebenarnya, pemerintah melalui kebijakannya dapat saja memperlambat laju kenaikan harga-harga barang. Tetapi, jika memang terpaksa kenaikan harga-harga barang sudah tak dapat dihindarkan, maka sebisa mungkin kenaikan harga ini tidak sedahsyat seperti kenaikan harga minyak, termasuk energi listrik yang sudah menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat.

Di tengah keterbatasan kemampuan APBN, sepertinya hanya sedikit peluang untuk tidak menaikan harga listrik. Karena di Indonesai, pembangkit listrik berbahan bakar minyak masih mendominasi. Andai saja harga solar dan residu naik, otomatis harga listrik pun terkatrol ikut naik. Tetapi sekecil apapun peluang, apabila dapat dioptimalkan dengan optimis bisa jadi tarif dasar listrik beranjak dari nilai saat ini.

Agar harga listrik tidak ikut-ikutan naik sehingga tak berimbas pada kesehatan perekonomian nasional, problem pemicu naiknya harga listrik mulai dari sisi suplai dan demand mesti dikenali terlebih dulu. dengan begitu, langkah-langkah pengendalian harga listrik lebih rasional untuk diterapkan.

Posted in krisis | No Comments »

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook