Alpen Steel | Renewable Energy

Tambang Emas Bombana Tewaskan 11 Orang

Penambangan emas oleh masyarakat di Sungai Tahi Ite, Kabupaten Bombana, Provinsi Sulawesi Tenggara, semakin marak seperti di Desa Rau-Rau, Kecamatan Rarowatu, Senin (1/12). Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bombana telah mengeluarkan 43.000 izin menambang bagi masyarakat. Penambangan ini dinilai menguntungkan masyarakat, tetapi berpotensi merusak lingkungan karena para penambang menggali perbukitan.

Warga yang menjadi korban  tewas di  lokasi tambang emas secara manual di Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) mencapai 11 orang.

     
Plt Kadis Pertambangan dan Energi Kabupaten Bombana, Cecep Trisnajayadi di Kasipute, mengatakan berbagai musibah yang menyebabkan nyawa pendulang melayang, yakni tertimbun tanah longsor sekitar penambangan, sakit dan kecelakaan lalu lintas.
     
Informasi adanya korban meninggal mencapai puluhan orang dan penganiayaan yang menyebabkan korban jiwa tidak benar, kata Cecep. Jumlah korban tidak terdata dengan akurat karena luas wilayah dengan medan cukup berat, sehingga menyulitkan anggota tim melakukan pengawasan.
     
Selain itu, rekan korban maupun keluarga korban enggan mengadukan peristiwa naas yang dialami, namun mengambil inisiatif mengantarkan korban ke rumah sakit sesuai keinginan pihak keluarga atau kelompok kerja mereka.
     
Tim gabungan dari Pemkab Bombana bersama TNI dan Polri berupaya sedini mungkin mencegah adanya tindakan kejahatan.
     
Sementara itu, Kapolres Bombana, AKBP Yan Sultra mengharapkan partisipasi masyarakat untuk ikut serta memelihara ketertiban dilokasi penambangan. "Situasi kondusif bukan hanya tanggung jawab polisi tetapi juga karena kesadaran warga melaporkan adanya indikasi kejahatan sangat diharapkan," kata Yan Sultra.
    
Kegiatan penambangan emas Bombana yang dibuka secara resmi oleh pemerintah setempat sejak 1 November lalu sudah menyedot sekitar 40 ribu pedulang. Tiga lokasi tujuan penambangan emas secara tradisional adalah Sungai Tahi Ite di Desa Rau-Rau (Kecamatan Rarowatu), Desa Wumbubangka dan Desa Barito (Kecamatan Rarowatu Utara).

 Kompas/Agung Setyahadi / Kompas Images

KASIPUTE 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook