Alpen Steel | Renewable Energy

Di Palu, Pemadaman Makin Meluas

Pemadaman bergilir aliran listrik di Palu, Sulawesi Tengah, meluas karena pasokan daya dari dua unit pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) Mpanau berkurang.
   
Humas PT PLN Cabang Palu Petrus Walasary, Kamis (22/10), menjelaskan dalam kurun sepekan terakhir, pemadaman listrik yang diberlakukan PLN untuk sistem Palu meningkat. "Kebijakan pemadaman tidak hanya terjadi pada malam, tetapi juga siang hari," katanya.
    
Menurut dia, kebijakan tersebut terpaksa diberlakukan sebab sistem Palu mengalami kehilangan daya cukup besar akibat salah satu dari dua unit PLTU mengalami gangguan sehingga mempengaruhi distribusi daya.
   
Kemampuan dua unit PLTU saat ini hanya bisa menyuplai daya listrik sekitar 16 megawatt (MW) dari kondisi normaln berkisar 24-26 MW.
   
Selain itu, salah satu dari 10 unit pembangkit listrik tenaga disel (PLTD) Silae yang mengalami kerusakan beberapa bulan lalu hingga pada saat ini belum berhasil diperbaiki.
   
Mesin PLTU unit VIII yang berkapasitas lebih dari enam MW sedang dalam perbaikan, dan diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama sudah kembali beroperasi. Pemadaman bergilir aliran listrik sistem Palu sudah berlangsung hampir tiga bulan terakhir ini.
  
Selain berusaha memperbaiki mesin PLTD unit VIII, pihaknya juga berharap gangguan yang terjadi di PLTU bisa secepatnya diatasi.
  
Ia mengakui meski semua pembangkit listrik baik PLTU dan PLTD beroperasi normal, sistem Palu yang saat ini melayani sekitar 200 ribu pelanggan di Kabupaten Parimo, Sigi, Donggala, dan Kota Palu, tetap mengalami defisit daya sekitar 3-4 MW.
  
Untuk mengadakan mesin pembangkit baru, PLN tidak mempunyai kemampuan dana, kecuali bekerja sama dengan pihak ketiga. PLN cabang Palu hanya berharap PLTU bisa beroperasi normal, dan juga pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Sulewana Poso segera beroperasi.
  
Jika PLTA Sulewana Poso beroperasi dan mampu menyuplai daya ke sistem Palu sebanyak 30-40 MW, dapat dipastikan sistem Palu yang selama ini hanya mengandalkan PLTU dan PLTD bisa keluar dari krisis daya listrik.

PALU, KOMPAS.

Editor: primus
Sumber : Ant
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook