Alpen Steel | Renewable Energy

Pejuang Chechnya Klaim Ledakkan PLTA

Tim penyelamat mencari korban tewas maupun hilang (Foto: Reuters)

 

MOSKOW - Para pejuang Chechnya mengklaim meledakkan pembangkit listrik tenaga air (PLTA) Siberia di Rusia yang menewaskan lebih dari 70 orang awal pekan ini.

Klaim tersebut disampaika melalui sebuah surat yang diposting di situs kelompok tersebut. Mereka mengaku menggunakan granat anti-tank sehingga menimbulkan bencana dahsyat itu.

"Pada 17 Agustus melalui upaya kami, sebuah operasi subversif telah dilakukan di Khakasia pada dam PLTA Sayano-Shushenskaya," sebut kelompok yang menamakan dirinya Batalion Martir, yang dilansir Reuters, Jumat (21/8/2009).

"Di dalam ruangan mesin kami telah mengatur penempatan granat anti-tank dengan alat pengatur waktu. Ledakan itu ternyata menyebabkan kerusakan yang lebih kuat dibandingkan yang kami harapkan," sebut surat yang diposting di www.kavkazcenter.com itu.

Dikutip dari BBC, pembangkit listrik tersebut terletak di Khakhasia, Siberia, sekitar 3.000 km sebelah timur Moskow. Bendungan di atasnya memiliki ketinggian 245 meter dengan luas 1 kilometer di Sungai Yenisei.

PLTA ini diresmikan pada 1978 dan memproduksi seperempat total produk listrik RusHydro dan merupakan pemasok listrik ke setidaknya dua pabrik milik Rusal, produsen alumunium terbesar di dunia.

Selain mengklaim meledakkan PLTA tersebut maupun pengeboman di Ingushetia, kelompok tersebut juga menyatakan "perang ekonomi" terhadap Rusia.
(jri)

 

Nurfajri Budi Nugroho - Okezone
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook