Alpen Steel | Renewable Energy

Listrik Minim Pasokan, Daerah Mamuju Sering Padam

beritabaru.com/Instalasi listrik milik PLN/Istimewa



Pelayanan listrik di Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat  banyak dikeluhkan warga karena dalam sehari dapat padam hingga tiga kali selama dua jam. "Kami dirugikan dengan pemadaman ini karena membuat omzet pendapatan kami menjadi berkurang," kata Yaya, salah seorang pengusaha warnet di Mamuju, Minggu (11/10).

Oleh karena itu, PLN Cabang Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat mengakui jika selama ini tidak maksimal dalam memberikan pelayanan listrik terhadap masyarakat yang ada di wilayah itu.
"Kami minta maaf kepada seluruh masyarakat Mamuju, jika dalam kondisi yang sangat dibutuhkan tidak bisa memberikan pelayanan listrik secara maksimal," kata Kepala PLN Cabang Mamuju, Khening Kyat Pamungkas.

Tidak maksimalnya pelayanan listrik di Mamuju, ujar dia, karena pasokan listrik yang masuk ke wilayah Sulbar dari pembangkit listrik PLTA Bakaru, Kabupaten Pinrang, Provinsi Sulawesi Selatan semakin berkurang.

Hal itu disebabkan debit air di sungai Kabupaten Mamasa, Provinsi Sulbar sebagai pembangkit listrik di PLTA Bakaru semakin menipis, sehingga daya energi listrik yang dihasilkan PLTA Bakaru turut berkurang.

Pasokan air yang menipis tersebut mempengaruhi pasokan listrik ke wilayah Provinsi Sulbar, termasuk Kota Mamuju yang besarnya sekitar 25 persen dari energi listrik yang dihasilkan PLTA Bakaru Pinrang.

"Kondisi ini menyebabkan PLN cabang Mamuju harus melakukan pemadaman listrik bergilir, karena keterbatasan beban yang dipasok dari PLTA Bakaru tersebut ke wilayah ini," jelas dia.

Dengan diresmikan gardu induk PLN Mamuju yang menelan anggaran sekitar Rp135 miliar, lanjutnya, tidak mampu membendung terjadinya pemadaman listrik karena gardu induk PLN di Mamuju hanya menampung daya energi listrik dan mendistribusikan ke pelanggan, dan bukan sebagai pembangkit energi listrik.

"Meskipun gardu induk dan energi listrik ditampung gardu induk, energi yang dihasilkan dari pembangkit pasokannya kecil juga, sehingga tidak mampu membendung pemadaman listrik di wilayah ini," tutur Pamungkas.

Oleh karena itu, ia meminta agar masyarakat yang ada di wilayah ini agar dapat memahami pelayanan yang diberikan PLN Mamuju yang kurang maksimal, karena pemadaman listrik selama ini di luar kesengajaan. (*)

PLN Cabang Kabupaten Mamuju, Provinsi Sulawesi Barat

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook