Alpen Steel | Renewable Energy

~ LS 600hL, Flagship (Model Teratas) Dan Baterai Tegangan Tinggi, Nickel Metal Hydride (NiMH 288 volt)

FOTO-FOTO: KOMPAS/JOHNNY TG
Lexus LS600hL di kawasan perumahan Rancamaya, Bogor, Kamis (21/1).
Lexus LS 600hL, Terdepan di Kelasnya

 

LS 600hL, flagship (model teratas) di jajaran mobil-mobil keluaran Lexus, terparkir rapi di antara mobil-mobil lain. LS 600hL yang berwarna hitam itu langsung menarik perhatian. Sosok LS 600hL terlihat mewah. Interiornya pun sama mewahnya. Dashboard, bagian dalam pintu-pintu, dan kursi dibalut dengan kulit berkualitas tinggi, serta di beberapa tempat ditambah dengan hiasan kayu.

Setelah melepaskan kunci dengan remote control, membuka pintu, dan duduk di kursi pengendara, pedal rem pun diinjak dan tombol power ditekan. Sama sekali tidak terdengar suara mesin menyala. Beberapa indikator di panel meter di dashboard menyala dan suara penyejuk udara (AC) segera terdengar. Udara sejuk pun menyembur keluar dari outlet AC dan suhu kabin pun terasa sejuk. Suhu disetel secara terpisah (kiri dan kanan) pada angka 22 dan 21,5 derajat celsius.

Jangan heran, LS 600hL adalah sebuah mobil hibrida yang menggabungkan mesin pembakaran dalam (internal combustion engine) dan motor listrik (electric motor) sebagai penggerak. Mesin pembakaran dalam menggunakan bensin sebagai bahan bakar dan motor listrik mendapatkan tenaga listrik dari baterai tegangan tinggi, Nickel Metal Hydride (NiMH 288 volt).

Dalam keadaan mobil berhenti, dan pada saat mobil mulai bergerak, mobil sepenuhnya dikendalikan oleh baterai. Mesin pembakaran dalam baru menyala dan bergabung dengan motor listrik pada saat mobil berakselerasi, atau melaju di jalan menanjak.

Pedal rem kembali diinjak, tangkai persneling pun dipindahkan dari huruf P (parking) ke huruf R (reverse). LS 600hL bergerak mundur ke luar dari ruang parkir. Tangkai persneling pun dipindah ke huruf D (drive) dan mobil meluncur ke luar area perparkiran menuju ke jalan raya. Saat berakselerasi atau memacu mobil dengan kecepatan tinggi, mesin pembakaran dalam pun bekerja bersama-sama dengan motor listrik.

Tidak salah jika Lexus mengklaim LS 600hL adalah mobil yang memiliki tenaga mobil berkapasitas mesin 6.0 Liter, tetapi memiliki efisiensi mobil berkapasitas mesin 3.0 Liter. Tenaga maksimum yang dimiliki LS 600hL memang besar. Dengan mesin berkapasitas 5.0 Liter saja, sesungguhnya tenaga LS 600hL sudah besar (391 PK), apalagi diperkuat dengan motor listrik. Total tenaga LS 600hL besarnya 445 PK dan sanggup membuat mobil itu berakselerasi dari 0-100 kilometer per jam hanya dalam waktu 6,3 detik. Kecepatan maksimumnya dibatasi secara elektronis pada 210 kilometer per jam.

Penggunaan persneling otomatik continuously variable transmission (CVT) dengan 8 tingkat kecepatan membuat akselerasi berlangsung dengan halus, tanpa sentakan. Persneling CVT itu juga dilengkapi dengan tiptronic sehingga pengendara dimungkinkan untuk melakukan pergantian gigi persneling secara manual.

Namun, dengan penggunaan motor listrik pada saat mobil berhenti, mulai bergerak, dan menjelajah dengan kecepatan rendah (di bawah 40 kilometer per jam) membuat konsumsi bensin LS 600hL relatif hemat. Dengan 1 liter bensin, LS 600hL dapat menempuh perjalanan sejauh 10,75 kilometer. Pada saat LS 600hL melaju dengan kecepatan jelajah, mengurangi kecepatan, melakukan pengereman, atau melaju di jalan menurun, motor listrik berfungsi sebagai generator untuk menambah persediaan listrik dalam baterai, dengan memanfaatkan putaran mesin.

Dalam keadaan LS 600hL berhenti, AC dan semua perangkat di dalam mobil menggunakan tenaga listrik dari baterai, dan jika persediaan listrik di dalam baterai menipis (tinggal dua garis), secara otomatis mesin akan menyala dan motor listrik berfungsi sebagai generator untuk mengisi persediaan listrik di baterai. Jika persediaan listrik di dalam baterai dianggap memadai, secara otomatis mesin akan mati kembali.

Penggunaan sistem penggerak empat roda (AWD) permanen membuat LS 600hL sangat stabil dan asyik dikendarai. Tidak ada kekhawatiran sedikit pun saat memacu dalam kecepatan tinggi pada saat hujan lebat turun. Kenyamanan pun menonjol berkat penggunaan suspensi udara (air suspension).

LS 600hL dilengkapi pemutar CD/DVD dengan sistem tata suara surround Mark Levinson yang dilengkapi 19 speaker, yang dapat menghadirkan suasana bioskop di mobil Anda. Kursi penumpang belakang kiri LS 600hL menggunakan kursi Ottoman, yang dapat diatur mirip kursi kelas bisnis di pesawat terbang. Untuk kedua penumpang belakang, kursi dapat dipanaskan atau didinginkan, dan sandaran kursi dilengkapi fungsi memijat.

Perjalanan ke Rancamaya Golf and Country Club, Ciawi, Bogor, pun terasa sangat dekat.

Parkir sendiri

Yang paling unik adalah LS 600hL dan juga LS 460 baru dilengkapi dengan self parking system (perangkat parkir sendiri). Dengan demikian, pengendara yang mengalami kesulitan saat mundur untuk memarkir mobilnya, baik secara horizontal maupun vertikal, tidak perlu waswas lagi saat akan memarkir mobilnya.

Pada saat akan memarkir mobil, pengendara hanya perlu menekan tombol self parking yang terdapat di setir, dan di layar monitor yang terletak di tengah- tengah dashboard akan muncul gambar layout areal parkir mobil. Pengendara tinggal memilih apakah akan memarkir mobil secara horizontal atau vertikal sesuai dengan pengaturan parkir di tempat itu. Setelah itu, pengendara mengendarai mobil kurang lebih dengan jarak 1 meter dari mobil-mobil yang parkir di tempat tersebut.

Pada saat mobil memindai ada ruang yang lowong dan cukup untuk menempatkan LS 600hL, akan terdengar bunyi buzz (tung) satu kali. Apabila akan memarkir mobil mundur secara horizontal, gerak maju mobil diteruskan hingga terdengar bunyi tung dua kali. Sementara, apabila akan memarkir mobil mundur vertikal, begitu bunyi tung terdengar setir dibelokkan ke kanan/ke kiri hingga terdengar bunyi tung dua kali. Saat bunyi tung dua kali terdengar, mobil direm dan setir diluruskan.

Di layar monitor akan terlihat geometri sesuai dengan ukuran mobil. Apabila dirasakan posisinya masih kurang tepat, terlalu ke kiri atau ke kanan, pengendara dapat mengaturnya secara manual dengan menyentuh layar monitor (touch screen). Setelah segala sesuatunya dirasakan tepat, tangkai persneling dipindahkan ke huruf R.

Pengendara melepaskan tangan dari setir, dan selanjutnya mobil akan memutar setir sendiri sampai mobil terparkir di tempatnya. Pengendara hanya perlu menginjak pedal rem agar mobil tidak bergerak terlalu cepat dan berhenti pada waktunya. Apabila mobil bergerak terlalu cepat, di layar monitor akan keluar tulisan bahwa mobil bergerak terlalu cepat, bersama dengan suara peringatan bahwa Anda bergerak terlalu cepat (dalam bahasa Inggris tentunya).

Dengan segala kelengkapannya itu, LS 600hL merupakan yang terdepan di kelasnya, yang juga ditempati oleh Audi A8, BMW Serie 7, Mercedes Benz S-Class, dan Jaguar XJ8. LS 600hL yang akan diluncurkan dalam waktu dekat ini, menurut rencana, akan dijual dengan harga Rp 2,7 miliar on the road.(JL)

 

Sumber : Kompas

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook