Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pemerintah Rencana Bangun Empat PLTN

Indonesia Akan Bangun Empat PLTN

Kendati sudah mendapat protes dan penolakan dari masyarakat, pemerintah melalui Kementerian Negara Riset dan Teknologi tetap berencana membangun pembangkit listrik tenaga nuklir atau PLTN. Bahkan, Indonesia direncanakan akan memiliki empat PLTN berkapasitas total 4.000 megawatt pada tahun 2025.

Deputi Kementerian Negara Riset dan Teknologi Bidang Dinamika Masyarakat Carunia Mulya Firdaus pada acara Sarasehan Pemanfaatan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Bandar Lampung, Kamis (18/9), mengatakan bahwa kebijakan pembangunan PLTN tersebut sudah dituangkan dalam Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 5 Tahun 2006 tentang Kebijakan Energi Nasional.

Pembangunan PLTN akan lebih efisien dibandingkan dengan membangun pembangkit listrik tenaga BBM atau batu bara.

Menurut Carunia, cadangan batu bara di Indonesia diperkirakan hanya akan bertahan untuk 25-30 tahun, sementara minyak bumi sudah akan habis dalam tempo sebentar lagi. ”Apabila batu bara habis, kita harus membeli. Harga batu bara lebih mahal dibandingkan dengan harga uranium sebagai bahan pembangkit nuklir,” ujar Carunia.

Kebutuhan meningkat

Selain itu, lanjut Carunia, kemampuan satu gram uranium diketahui setara dengan satu juta ton batu bara untuk menghasilkan 5.000 megawatt (MW).

Menurut Carunia, kebutuhan energi listrik Indonesia akan terus meningkat hingga sebesar 100.000 MW. Untuk memenuhi kebutuhan listrik, pemerintah berupaya membangun pembangkit listrik baru guna memenuhi kenaikan permintaan tersebut.

”PLTN memang hanya memberi kontribusi 4 persen dibandingkan dengan kontribusi pembangkit listrik dengan bahan bakar gas sekitar 20 persen, batu bara 33 persen, minyak 30 persen, bahan bakar nabati 5 persen, panas bumi 5 persen, ataupun dari angin atau air yang 2 persen,” lanjut Carunia.

Namun, menurut Carunia, meski kontribusi PLTN hanya 4 persen, dengan mempertimbangkan rendahnya kemampuan pemerintah membangun pembangkit listrik tenaga BBM, serta semakin tipisnya cadangan bahan bakar batu bara ataupun minyak, pembangunan PLTN jelas akan sangat efisien. (hln)

Bandar Lampung, Kompas
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook