Alpen Steel | Renewable Energy

~ Rencana Pembangunan PLTN Dipaksakan

Pembangunan PLTN Dipaksakan

Wahana lingkungan Indonesia menganggap rencana pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir terlalu dipaksakan. Pemerintah hanya memanfaatkan isu kelanggkaan energi fosil dan emisi karbon tapi melupakan bahan baku yang belum mandiri, dampak kecelakaan kerja, kemampuan pembiayaan pemerintah hingga ancaman gempa di kompleks pembangkit listrik.

Hal itu terungkap dalam Focus Group Discussion Bedah Implementasi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di Indonesia, di Institut Teknologi Bandung, Rabu (10/9).

Menurut M Teguh Surya, Kepala Departemen Advokasi dan Jaringan Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Indonesia, ketimbang energi nuklir yang berbahaya, pemerintah sebenarnya bisa menggunakan energi lain seperti air atau matahari. Potensinya tidak kalah besar dan bisa didapatkan secara gratis. Namun, usaha ini tidak mendapat perhatian. Ide itu dianggap tidak menguntungkan ketimbang membangun instalasi nuklir.

Deni Jasmara, ketua Wahana Lingkungan Jawa Barat, mengatakan pemerintah selalu menggembargemborkan cadangan bahan uranium yang besar. Padahal, sebelum siap digunakan, bahan mentah itu harus diproses International Atomic Energi Agency. Hal itu membuka kemungkinan Indonesia akan semakin tergantung pada kekuasaan dan modal asing.

Selain itu, dampak PLTN dilihat dari kecelakaan kerja juga sangat tinggi. Dengan kemampuan sumber daya manusia yang terbatas dan bidang nuklir yang masih baru, bukan tidak mungkin justru akan menimbulkan banyak kecelakaan kerja. Pembangunan PLTN juga dianggap tidak memperhitungkan beban pembiayaan negara. Dengan biaya pembangunan atau operasional yang mahal, tidak ada jalan lagi pemerntah untuk kembali hutang.

"Belum lagi ancaman gempa bila PLTN jadi dibangun di Muria. Muria adalah daerah rawan gempa di Indonesia. Dengan segala bentuk kekhawatiran itu, Walhi Jabar menolak pembangunan PLTN.

BANDUNG (Oleh Deni)

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook