Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangunan PLTN Banten Masuk Tahap Survey

Pembangunan PLTN Banten Masuk Tahap General Survey
Proyek pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) di pesisir Banten kerjasama Pemerintah Propinsi Banten dan Badan Tenaga Atom dan Nuklir (BATAN) memasuki tahap general survey.

Deputi Bidang Pengembangan Teknologi Energi Nuklir (PTEN) BATAN Ir Adi Wardojo Rabu (24/6) mengatakan, megaproyek tersebut baru memasuki tahap praproyek untuk menghasilkan daya empat ribu mega watt (MW).

"BATAN telah melakukan penelitian dan pengembangan (Litbang), urusan pembangunan PLTN tergantung kepada keputusan pemerintah pusat dan daerah, namun lokasinya masih dirahasiakan," tandas Adi Wardojo di Tangerang.

Tahap praproyek PLTN membutuhkan waktu yang tidak sedikit, dengan lebih dahulu meneliti lokasi pembangunan dan tidak mendapatkan tantangan warga.

"Ada tiga Litbang, aman bagi masyarakat, keselamatan masyarakat dan bukan untuk senjata," ungkap Adi Wardojo.

Adi Wardojo menambahkan, pembanguan fisik PLTN itu memang butuh banyak persyaratan untuk memenuhi standarisasi yang ketat hal ini tertuang dalam International Atomic Energy Agency (IAEA).

"Terdapat 14 titik pembangunan PLTN di pulau Jawa, beberapa titik berada di Jawa bagian barat, diantaranya Provinsi Banten," ujar Adi Wardojo.

Anggota Komisi Ahli Tenaga Nuklir Muhammad A S Hikam berharap masyarakat tidak melakukan penolakan dengan rencana pembangunan PLTN di Provinsi Banten.

"Pemerintah harus bisa menjelaskan bahwa PLTN merupakan insfrastruktur yang diperlukan, karena sebagai energi alternatif dan kapasitas iptek," aku Hikam. (Ant/OL-06)
TANGERANG--MI
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook