Alpen Steel | Renewable Energy

~ Jepara Ditetapkan Sebagai Lokasi PLTN

Lokasi PLTN Ditetapkan di Jepara

Tiga lokasi di Semenanjung Muria, Jepara, Jawa Tengah, ditetapkan sebagai lokasi pembangunan pembangkit listrik tenaga nuklir milik Indonesia. Tiga lokasi tersebut antara lain Ujung Lemah Abang, Ujung Latu, dan Ujung Greng-grengan. Ujung Lemah Abang menjadi lokasi reaktor pertama dari empat reaktor yang dibangun.

"Tempat itu merupakan ancar-ancar lokasi pembangunannya," kata Kepala Bidang Promosi Pusat Diseminasi IPTEK Nuklir Badan Atom Nasional (Batan) Dedy Miharja di Bandung kemarin. Teknis pembangunan dan tipe reaktor yang dipilih masih menunggu keputusan Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral.

Dedy mengatakan pemilihan lokasi itu sudah final berdasarkan studi kelayakan dan tapak dari tiga lokasi tersebut. Dalam studi itu meliputi kajian kondisi geografis, geologi, ekosistem, air, kondisi gempa, dan keberadaan sesar atau patahan di lokasi yang dipilih. Lokasi ini dinilai ideal karena jarang ditempati penduduk dalam jumlah besar karena merupakan perkebunan kelapa.

Studi kelayakan dan penentuan tapak dilaksanakan oleh New Jack Corporation Jepang pada 1991-1996. Studi tapak dan kelayakan itu juga sudah diverifikasi ulang oleh PT Rekayasa Industri, badan usaha milik Departemen Perindustrian yang bekerja sama dengan Surgent & Loundry dari Australia.

ahmad fikri

 

 

 

 

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook