Alpen Steel | Renewable Energy

~ PLTN Rencana Akan Dibangun

Indonesia Tetap Akan Bangun PLTN

Kontroversi dan penolakan terhadap rencana pembangunan pembangkit listrik tenag nuklir (PLTN) masih terus terjadi dan cenderung menguat. Akan tetapi, pemerintah tampaknya tak surut.

Menteri Riset dan Teknologi Kusmayanto Kadiman, Rabu (12/3) ini, bahkan menyatakan bahwa pemerintah sudah memastikan akan membangun empat PLTN untuk memenuhi kebutuhan listrik nasional. Empat PLTN itu merupakan target hingga tahun 2025.

"Jika satu PLTN mampu menghasilkan sekitar 1.200 MW, hingga  2025 masih dibutuhkan sekitar empat pembangkit lagi untuk memenuhi kebutuhan listrik," kata Menteri Negara Riset dan Teknologi, Kusmayanto Kadiman, saat melakukan kunjungan kerja ke Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, siang ini.

Menurut dia, sejumlah wilayah sudah disurvei untuk dijadikan lokasi pembangunan PLTN, antara lain di wilayah Utara Pulau Jawa serta sebelah selatan Kalimantan. Ia mengatakan, pembangunan PLTN harus tetap direalisasikan karena sudah merupakan keharusan yang telah ditetapkan dalam undang-undang.

"Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2004-2025 telah mengatur tentang hal ini," katanya. Pembangunan PLTN Muria di Jepara, Jawa Tengah, direncanakan harus sudah selesai 2016. Oleh karena itu, tahun ini proses pembangunan harus dapat dimulai agar segala sesuatu yang telah direncanakan dapat berjalan dengan baik.

"Tahun 2008 ini, proses pemasangan tiang pancangnya harus sudah dimulai. Jika tidak, rencana pembangunannya bisa kacau," katanya. Ia menilai, munculnya pro dan kontra dalam rencana pembangunan PLTN ini merupakan sesuatu yang wajar. "Jika ada pihak yang menolak pembangunan PLTN ini, yang harus dilakukan ialah merevisi UU yang mengatur tentang hal ini," katanya.

SOLO, RABU
msh
Sumber : Antara
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook