Alpen Steel | Renewable Energy

~ Indonesia Mempertegas Dukungan Dunia yang Bebas Nuklir

Indonesia Bantu Wujudkan Dunia yang Bebas Nuklir

 
Foto : Menlu Indonesia Marty Natalegawa (AP)
Foto : Menlu Indonesia Marty Natalegawa (AP)
JAKARTA - Ratifikasi Traktat Larangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir (CTBT) yang berlangsung pada hari Selasa, (06/12/2011) ditandai dengan pengesahan rancangan undang-undang (RUU) tentang CTBT itu mempertegas dukungan serta komitmen Pemerintah Indonesia terhadap non-proliferasi dan penghapusan total senjata pemusnah massal, termasuk senjata nuklir.

Dunia yang bebas dari senjata pemusnah massal akan mempermudah upaya menciptakan perdamaian dunia sesuai dengan semangat yang terkandung dalam Undang-Undang Dasar RI 1945.

Pemerintah Indonesia, melalui Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, menegaskan bahwa jaminan yang paling efektif terhadap ancaman dan penggunaan senjata nuklir adalah penghapusan senjata nuklir yang harus dilakukan tanpa syarat, mengikat secara hukum, non-diskriminatif dan tanpa menggunakan standar ganda yang berlaku bagi semua negara tanpa terkecuali. Demikian seperti dikutip dalam Press Realease Pendapat Akhir Pemerintah Atas RUU RI tentang pengesahan Traktat Pelarangan Menyeluruh Uji Coba Nuklir, Selasa (06/12/2011).

Keberadaan senjata nuklir, yang salah satu elemen pentingnya adalah uji nuklir melalui metoda peledakan, mengancam perdamaian dunia, di mana resiko pecahnya perang nuklir tetap menjadi keprihatinan internasional.

Setiap uji coba peledakan senjata nuklir dipastikan menimbulkan kerusakan lingkungan serta berdampak buruk bagi kesehatan masyarakat. Radioaktivitas dari uji coba tersebut, menyebabkan wilayah tercemar dan tidak dapat dihuni lagi. Malapetaka peledakan nuklir di wilayah berpenduduk akan menghancurkan peradaban manusia.

Dengan menjadi negara yang ikut meratifikasi CTBT, Indonesia meneruskan komitmen kuatnya yang telah berpartisipasi aktif di berbagai penciptaan instrumen perlucutan senjata internasional yang bersifat inklusif dan tidak berstandar ganda.(rhs)

Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook