Alpen Steel | Renewable Energy

~ Menristek : Energi Nuklir Kurangi Pemanasan Global


JAKARTA (Pos Kota) – Menristek Suharna Surapranata mengungkapkan, pemanfaatan energi nuklir untuk pembangkit listrik diharapkan bisa mengurangi risiko akibat pemanasan global.

Pasalnya, energi ini termasuk  bersih dari polusi  karena ketika  tidak mengeluarkan gas CO2 dan gas berbahaya lain seperti SOx dan NOx.

“Selain menjadi solusi mengurangi pemanasan global  nuklir juga berpotensi menjawab berbagai permasalahan lain  seperti krisis pangan, ketersediaan air bersih, dan konservasi lingkungan,” katanya, kemarin.

Menurut Menristek, saat ini masyarakat dunia tengah mengalami kekhawatiran akan mencairnya es di kutub Selatan dan Utara akibat terjadinya pemanasan global. Sebab jika itu terjadi maka akan semakin banyak daerah di sekitar  pantai yang akan tenggelam akibat naiknya permukaan laut.

Pemanasan global sendiri antara lain akibat terjadinya efek rumah kaca oleh gas-gas pencemar di udara seperti CO2. Salah satu sumber CO2 adalah pembakaran bahan bakar fosil untuk pembabgkit listrik konvensional.

Penggunaan PLTN di berbagai negara di dunia juga terbukti mampu mengurangi emisi gas CO2 yang selama ini dikeluarkan oleh pembangkit berbahan bakar fosil.

Dengan demikian jika penggunaan energi nuklir untuk PLTN bisa dilaksanakan maka dengan sendirinya ancaman terhadap pemanasan global juga bisa dikurangi. 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook