Alpen Steel | Renewable Energy

~ GEMPA DAN TSUNAMI JEPANG Indonesia Aman dari Radiasi Nuklir Jepang

GEMPA DAN TSUNAMI JEPANG

Indonesia Aman dari Radiasi Nuklir Jepang

 

JAKARTA, (PRLM-Kominfo/das).- Pemerintah menjamin radiasi nuklir dari Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Unit 1,2, dan 3 di Fukushima Jepang tidak akan menyebar ke Indonesia. Fasilitas nuklir Fukushima rusak akibat gempa bumi berkekuatan 8,9 skala Richter yang melanda Jepang, Jumat (11/3) lalu.

"Masyarakat kita merasa khawatir terhadap bahaya radiasi dari tiga PLTN di negara Sakura tersebut, namun dapat dijamin bahwa radiasi nuklir Fukushima tidak akan menyebar ke Indonesia," kata Kepala Badan Pengawas Tenaga Nuklir, Bapeten As Natio Lasma dalam acara jumpa pers bertajuk Pascatsunami di Jepang, Indonesia Aman dari Radiasi Nuklir PLTN Fukushima di Gedung Bapeten, Jakarta, Selasa (15/3).

Natio menekankan, pemerintah terus memantau dan mendata terutama untuk daerah Manado agar mengetahui radiasi nuklir Jepang yang diarahkan oleh angin apakah telah masuk ke Indonesia atau belum. "Pengawasan dilakukan di Menado, karena daerah tersebutdekat dengan Filipina, sebelum ke Indonesia radiasi itu menujunegara tetangga lalu ke tanah air," kata Natio.

Ia menjelaskan, saat ini rata-rata kecepatan angin adalah 0,2-0,3m/det pada arah utara, utara-barat, bukan ke arah Indonesia yang berada di sebelah selatan Jepang.

Selanjutnya terkait dengan hujan asam, katanya, diperhitungkan dari penggunaan boron di dalam pendingin reaktor, dalam bentuk asam borat. Asam borat ini termasuk asam lemah, jauh lebih lemah daripada asam sulfat ataupun asam nitrat.

Ia menambahkan, berdasarkan pernyataan resmi dari pemerintah Jepang bahwa luasan daerah evakuasi hingga 20 km, angin bertiup kearah utara, utara-barat dengan kecepatan 0,2-03 meter/detik, dan status kedaruratan nuklir bersifat lokal, bukan pada lingkup Negara. 

 


Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook