Alpen Steel | Renewable Energy

~ Radiasi dari PLTN Jepang Terus Meningkat

PLTN Fukushima (Foto: AP)

PLTN Fukushima (Foto: AP)

Okezone (rhs) SOMA – Radiasi yang keluar dari PLTN yang rusak diterjang tsunami terus meningkat drastis. Hal ini memaksa Pemerintah Jepang mengimbau para warga untuk tetap berada di dalam rumah untuk menghindari paparan radiasi.
 
Perdana Menteri Jepang Naoto Kan menyatakan radiasi telah menyebar dari empat reaktor PLTN Dai-Ichi Fukushima. Fukushima merupakan wilayah yang paling parah terkena gempa dan tsunami pada Jumat 11 Maret lalu.
 
“Tingkat radiasi tampaknya sangat tinggi dan ada resiko besar radiasi menyebar lebih luas lagi,” ujar Kan seperti dikutip Associated Press, Selasa (15/3/2011).
 
Ini merupakan krisis nuklir terburuk yang dialami Jepang sejak pengeboman di Hiroshima dan Nagasaki pada saat Perang Dunia II.
 
Kan memperingatkan adanya bahaya kebocoran dan mengimbau warga yang tinggal dalam radius 30 kilometer dari kompleks PLTN Dai-Ichi Fukushima, untuk tetap berada di dalam rumah untuk menghindari penyakit akibat radiasi.
 
Sekretaris Kabinet Yukio Edano mengatakan reaktor ke empat di kompleks PLTN tersebut terbakar dan lebih banyak radiasi keluar.
 
Edano mengatakan, meskipun reaktor tersebut tidak beroperasi, reaktor tersebut diyakini menjadi sumber meningkatnya radiasi yang keluar akibat kebakaran yang disebabkan oleh bocornya hidrogen.
 
“Sekarang kita membahas tentang tingkat radiasi yang dapat mempengaruhi kesehatan manusia. Berikut ini adalah tafsiran yang diambil di dekat area yang diduga tempat terjadinya kebocoran. Di tempat jauh, tingkat radiasi diharapkan lebih rendah,” tutur Edano.
 
“Tolong jangan pergi keluar. Tetaplah berada di dalam rumah. Tutup semua jendela dan buat rumah Anda kedap udara. Jangan nyalakan ventilator. Jemurlah pakaian Anda di dalam rumah,” imbau Edano.
 
Edano mengatakan reaktor yang gedung penahannya terbakar tidak menambah peningkatan radiasi. Tingkat radiasi di salah satu reaktor berada di tingkat 400.000 microsiverts per jam, empat kali lebih tinggi dari tingkat aman.
 
Petugas di PLTN mengatakan ada 50 pekerja yang berusaha memompa air ke dalam reaktor untuk mendinginkannya. Mereka mengatakan 800 pekerja yang tidak diperlukan telah dievakuasi.



Artikel yang berhubungan:
Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook