~ Reaktor Nuklir Michigan Dihantam Angin Topan

Topan Hantam Reaktor Nuklir di Michigan

AP Photo/Paul Sancya
Dua warga Ohio, AS berpelukan dengan latar belakang puing-puing rumah yang tersapu topan, Minggu (6/6/2010).

CHICAGO, KOMPAS.com - Topan dan angin kencang yang menghantam wilayah Midwest, AS, antara Sabtu (5/6/2010) hingga Minggu kemarin mengganggu operasional sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir di Michigan.

"Topan-topan dahsyat menyebabkan terhentinya operasi pusat listrik tenaga nuklir Fermi 2 di pantai Lake Erie Michigan tenggara setelah satu bagian penting pusat listrik itu mengalami kerusakan," kata juru bicara daerah Monroe, Dan Smith seperti dilansir Reuters.

Meski demikian, Smith mengatakan bahwa semua sistem pengamanan di pusat listrik tenaga nuklir itu tetap berfungsi dan pusat listrik itu stabil. Hanya dinding luar yang mengalami kerusakan.

DET Energy, yang mengoperasikan pembangkit tersebut masih melakukan investigasi terhadap dampak kerusakannya. Tidak ada kepastian kapan pembangkit tersebut akan berfungsi normal kembali. Sekitar 14.000 orang kini tidak mendapat pasokan listrik akibat matinya pembangkit itu.

Tujuh orang tewas


Di wilayah Ohio barat laut, tujuh orang dikonfirmasikan tewas akibat sapuan topan tersebut. Topan menghancurkan puluhan rumah dan merusak parah kantor-kantor polisi dan sekolah. Pusat komando darurat telah dibangun di belakang gedung admnistrasi polisi yang hancur.

"Jendela-jendela terbang dari gedung-gedung, bus-bus terguling, kantor polisi kehilangan semua kendaraan mereka kecuali yang digunakan para perwira," kata seorang juru bicara polisi.

Topan juga menghantam beberapa lokasi di Illinois tengah sekitar Peoria. Media lokal memberitakan belasan orang cedera dan gedung-gedung hancur.

 

Sumber : Kompas


Baca Juga:
Artikel sebelumnya:

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum