Alpen Steel | Renewable Energy

~ Pembangunan Sampah Di Kota Bandung

Pembangunan PLTSa Gedebage Diharapkan Segera

Kebijakan pengelolaan sampah di Kota Bandung, tidak bisa dipisahkan dari upaya membangun lingkungan hidup yang baik dan berkualitas. Harapannya, siapapun yang menghuni dan beraktivitas di Bandung bisa merasakan kenyamanan yang paripurna, bebas dari gangguan sampah.
Persoalannya, Bandung kini tidak lagi memiliki Tempat Pembuangan Akhir (TPA) untuk menampung sampah yang volumenya terus meningkat, mencapai lebih kurang 7.500 m3 atau 1.200 ton sampah/hari. Jika pun ada TPA Sarimukti di Cipatat Kabupaten Bandung Barat, sifatnya juga sementara. Kalau kemudian ditutup dan ditempat lain tidak diijinkan, musibah sampah di Kota Bandung di Tahun 2005, bakalan terulang kembali.

Pengalaman pahit masa lalu dan perjuangan sulitnya mencari lahan bakal TPA, serta komparasi jauh sampai ke negeri China, Singapura, Malaysia dan Belanda, menghasilkan pilihan, tekmologi west to energi (WtE) atau mengolah sampah jadi energi listrik dengan mendirikan Pembangkit Tenaga Listrik Sampah (PLTSa) yang lokasinya ditetapkan di kawasan Gedebage.
Kita tidak bisa lagi menangani sampah seperti kucing buang hajat. Simpan sampah kemudian ditimbun tanah. PLTSa harus dipahami beda, TPA berfungsi sebagai tempat pembuangan sampah sedangkan PLTSa memusnahkan atau menghilangkan sampah. Pengelolaan sampah yang ramah lingkungan, adalah PLTSa selain 3 R yaitu Reuse, Reduce dan Recycle, jelas Walikota Bandung, H Dada Rosada, Selasa (28/4)

Sudah menjadi tekad dan komitmen kita menyelesaikan persoalan sampah secara tuntas. Saya mentargetkan, seusai Pemilu 2009, segera akan memulai dengan membentuk tim khusus yang bertugas menindak lanjuti langkah langkah dan upaya persiapan yang telah dilakukan sebelumnya, ucap Dada.
Saat ini tambahnya, telah dibebaskan lahan lebih kurang 13 hektar. Meski fisik infrastruktur PLTSa membutuhkan 2 hektar, namun diharapkan 20 hektar. Sehingga PLTSa nantinya dibangun berada ditengah, dikelilingi ring pepohonan hutan kota yang berfungsi sebagai filter.

(zul)

Bandung, Pelita
  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook