Alpen Steel | Renewable Energy

Bekasi Sulap Sampah Menjadi Energi Listrik

 Pembangkit listrik tenaga sampah di tempat pembuangan sampah (TPS) Sumur Batu, Kota Bekasi, Jumat (28/8) mulai beroperasi.

Produksi tahap awal ini dimulai pagi tadi (Jumat, 28/8), sekitar pukul 11.00 WIB, dengan disaksikan General Manager PLN Jawa Barat, Bahrul Hayat dan sejumlah pejabat wilayah Kota Bekasi. Kepala Badan Lingkungan Hidup Kota Bekasi, Dudy Setiabudy, menyatakan untuk tahap awal ini, produksi listrik yang berasal dari pengolahan sampah menjadi gas metan, kemudian diolah menjadi listrik, baru bisa menghasilkan energi listri sekitar 120 KV.

“Hasil produksi langsung kami distribusikan kepada masyarakat sekitar, yakni sekitar 60 KVA. Sedangkan setengahnya lagi kami gunakan untuk produksi dan operasionalisasi,” ujar Dudy kepada wartawan di Bekasi, Jumat (28/8).

Di tempat yang sama, Walikota Bekasi, Mochtar Mohamad mengatakan, dengan adanya pengolahan sampah menjadi energi listrik ini selain mengurangi pencemaran gas metan juga bisa meningkatkan kas daerah. Lebih lanjut Mochtar juga mengungkapkan bahwa pihaknya tengah merumuskan konsep kerjasama antara PLN, Pemkot Bekasi, dan pihak PT Gikoko selaku pelaksana teknis di lapangan untuk mengembangkan proyek listrik tenaga sampah.

[wid]

 Laporan: Pipik Anwar Siddik

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook