Alpen Steel | Renewable Energy

~ Gorontalo Bangun Pabrik Biofuel Kapasitas Besar

Untuk pertama kalinya dalam waktu tak sampai lima tahun mendatang Provinsi Gorontalo bakal memiliki sebuah pabrik pengolahan biofuel terbesar di kawasan Indonesia bagian timur. Menurut salah seorang investor mancanegara, Mr. Don Jonhson, yang sempat mempresentasikan rencana pembangunan pabrik tersebut di Pohuwato, kapasitas pabrik biofuel itu nantinya sebesar 300 juta liter. “Karenanya diharapkan Provinsi Gorontalo memiliki stok bahan baku biofuel yakni tanaman jarak dan kelapa sawit sekitar 1 juta liter setiap harinya.”

Itu artinya setiap rumah tangga menggunakan 1 liter sehari, maka masih ada sisa untuk diekspor ke luar daerah atau bahkan mancanegara. “Di Bonbol kita sudah punya pabrik biofuel, tapi hanyas ebatas kapasitas 2-3 ribu liter perhari yakni dengan bahan baku jarak dan kelapa yang dicampur jadi minyak.Rencananya bulan depan bisa diuji coba. Pabrik yang di Bonbol hanya 1/100 yang akan dibangun di Pohuwato yang nantinya akan menjadi kepentingan internasional.” Kata Fadel Muhammad, Gubernur Gorontalo, harapan besar kini terletak ‘ di pundak’ Pohuwato. “

Tahun depan sudah bisa terlihat dan diharapkan bisa membawa kemaslahatan serta kemakmuran rakyat Gorontalo karena kita bekerja hanya satu yaitu kesejahteraan rakyat. Dan Pohuwato adalah kawasan andalan serta lumbung pangan dan sekarang jadi lumbung energi. Insya Allah Presiden akan datang kesini, bila memang hasilnya sukses dan menjadi perhatian pusat, khususnya biofuel.

 

Gorontalo, Tribun Gorontalo

  Anda belum mendaftar atau login.
Anda dapat turut serta menuliskan artikel disini, caranya klik disini
Ada pertanyaan? Ingin berdiskusi? silahkan tulis di Alpensteel Forum

Fast Contact

Show Room & Factory:
 
Jalan Laksanama
Nurtanio Nomor 51
Bandung 40183 - Indonesia
 
Phone Line1:
022- 603-8050 (08:00-17:00)
 
Handphone:
0852-111-111-77 
0852-111-111-100
 
 
 
PageRank  Hit Counters
free counters
Alpen Steel Facebook